Kamis 19 Aug 2021 03:07 WIB

Cara Rawat Motor Injeksi

Servis rutin bisa menjaga kebersihan sistem injeksi dan filter udara.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini hampir semua sepeda motor yang dipasarkan telah menggunakan teknologi injeksi. Artinya, karburator pada motor telah digantikan oleh throttle body yang dikendalikan oleh electronic control unit (ECU).

Dengan sistem injeksi, pengendara disajikan dengan sistem pembakaran yang lebih akurat dan perawatan yang lebih sederhana. Tapi, tetap terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan agar kondisi motor injeksi tetap terawat.

Baca Juga

Dikutip dari website Yamaha Mega Utama pada Rabu (11/8), cara pertama yang perlu dilakukan adalah dengan rutin melakukan servis berkala. Langkah ini perlu dilakukan secara rutin demi menjaga kebersihan sistem injeksi dan filter udara.

Berikutnya, pengendara perlu memeriksa kondisi aki. Mengingat, aki jadi sumber daya untuk ECU sensor dalam throttle body.

Selain itu, pengendara juga disarankan untuk selalu memeriksa kondisi busi. Jika memang dinilai sudah ada penurunan performa, maka busi tersebut sebaiknya segera diganti agar dapat menunjang sistem pengapian yang optimal.

Terakhir, pengendara perlu selalu menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan. Karena, seluruh variabel dalam ECU dan throttle body telah disesuaikan dengan karakter bahan bakar yang disarankan oleh pabrikan.

Dengan beragam cara sederhana itu, maka pengendara dapat terus menjaga performa kendaraan. Selain performa kendaraan terjaga, seluruh langkah ini juga berperan dalam menjaga emisi gas buang dari kendaraan karena adanya sistem pembakaran yang sempurna.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement