Wednesday, 2 Rabiul Awwal 1444 / 28 September 2022

Kali Pertama Sungai Colorado Kering, Perubahan Iklim?

Rabu 18 Aug 2021 16:14 WIB

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih

Sungai Colorado.

Sungai Colorado.

Foto: Ars Technica
Air Sungai Colorado sangat penting karena untuk kehidupan 40 juta orang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim panas kali ini membuat sungai Colorado mengalami kekurangan air. Kekeringan air yang terjadi di sungai itu didorong oleh turunnya permukaan Danau Mead dari Bendungan Hoover.

Dilansir dari natureworldnews pada Rabu (18/8), sumber air tersebut sangat penting karena untuk kehidupan 40 juta orang di wilayah sana. Untuk itu, pemerintah setempat mendorong pengurangan konsumsi air wajib di seluruh wilayah Barat Daya. 

Baca Juga

"Kami berada pada titik dimana kami harus bergulat dengan bagaimana kami dapat terus berkembang dengan lebih sedikit air dan itu sulit," kata Direktur Kyl Center for Water Policy di Arizona State University Sarah Porter.

Dia menjelaskan pada 1930-an, Bendungan Hoover dibangun, membentuk Danau Mead.  Ini adalah salah satu dari banyak waduk buatan manusia yang berisi air dari Sungai Colorado, yang menyuplai air rumah tangga, irigasi serta listrik di Arizona, California, Colorado, Nevada, New Mexico, Utah, Wyoming dan sebagian Meksiko.

Namun, ketinggian air di dua waduk utama sungai, Danau Mead dan Danau Powell, telah turun selama bertahun-tahun dan pada tingkat yang lebih cepat dari yang diperkirakan para ilmuwan. 

Selain itu, volume air yang mengalir dari Pegunungan Rocky, tempat sungai bermuara sebelum mengalir 1.450 kilometer ke barat daya dan ke Teluk California, telah berkurang. Volume air berkurang karena suhu yang sangat panas dan berkurangnya salju yang mencair di musim semi.

Keadaan telah memburuk lebih cepat daripada yang diperkirakan para ahli pada 2019. Saat itu beberapa negara bagian di lembah Sungai Colorado setuju untuk berbagi air untuk menjaga tingkat Danau Mead stabil.

Perjanjian hukum di antara tujuh negara bagian lembah sungai Colorado, pemerintah federal, Meksiko dan lainnya membagi air yang ditahan di Danau Mead dan Danau Powell.  Kesepakatan tersebut menentukan berapa banyak air yang diterima masing-masing pihak ketika pengurangan air terjadi.

Arizona, Nevada, California dan Meksiko setuju untuk menyerahkan sebagian air mereka untuk menjaga Danau Mead pada tingkat saat ini sebagai bagian dari rencana darurat kekeringan 2019.  Namun, tindakan sukarela tidak cukup untuk mencegah kekurangan air. Jutaan orang di Arizona, California, Nevada, dan Meksiko mengandalkan Danau Mead untuk air mereka.

Pemerintah akan menerapkan pemotongan pada tahun 2022 jika tingkat air yang diantisipasi turun di bawah tingkat tertentu 1.075 kaki di atas permukaan laut atau kapasitas 40 persen. Reservoir diperkirakan akan berkurang menjadi 1.066 kaki pada bulan Januari.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA