Rabu 18 Aug 2021 15:32 WIB

Menkominfo: Manfaatkan Teknologi untuk Kebaikan

Mari memanfaatkan teknologi untuk bisa saling berbagi semangat kemerdekaan ini

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.
Foto: Dok. Kem
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate mengajak seluruh elemen bangsa untuk bersatu dan bergerak bersama dalam melawan pandemi COVID-19. Ia juga menyerukan agar semua pihak dapat memanfaatkan teknologi untuk menebarkan kebaikan.

“Guna menjaga keselamatan diri dan orang-orang tercinta, kita harus tetap mempertahankan protokol kesehatan, menghindari terjadinya kerumunan. Mari memanfaatkan teknologi untuk bisa saling berbagi semangat kemerdekaan ini,” kata Menkominfo dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (18/8).

Terkait dengan masih adanya pandemi Covid-19 di Negeri ini, Menteri Johnny mengharapkan semua warga untuk saling bahu membahu bersama pemerintah dalam ikhtiar melakukan pengendalian.

Sikap proaktif, kata menkominfo, dapat dilakukan dengan berbagai cara dari menyebarkan berita yang baik dan benar hingga berupaya segera melengkapi vaksinasi. Menurut dia semua hal itu menjadi langkah-langkah kecil yang dapat dilakukan masyarakat untuk membantu di situasi saat ini.

 

“Mari kita saling memberikan teladan. Sekecil apapun upaya kita dalam mencegah penyebaran virus corona merupakan perjuangan kita dalam melawan pandemi. Dengan memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak saja sudah merupakan perjuangan untuk merdeka dari COVID-19,” ujarnya.

Menkominfo juga mengapresiasi masyarakat yang telah membanjiri media sosial dengan aneka foto bernuansa merah putih. Tautan untuk mendapatkan bingkai digital (twibbon) berdesain tema Hari Kemerdekaan RI telah banyak beredar dan memudahkan masyarakat.

Sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro juga mengajak seluruh masyarakat untuk merayakan Hari Kemerdekaan 2021 di Rumah Digital Indonesia (RDI).

Ia mengajak masyarakat untuk mengikuti lomba dan permainan tradisional khas 17-an, dengan siapa pun dan dari mana pun. Tak hanya itu, RDI juga menghadirkan berbagai keseruan interaksi virtual sesama pengunjung lain, seperti konten hiburan seni dan budaya, literasi digital, hingga belanja produk lokal.

 

RDI merupakan kolaborasi antara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), serta Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM). Kemudian, ada pula Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Kementerian Agama (Kemenag), dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

 

Selain kolaborasi dalam RDI, pandemi juga telah melahirkan dan menggerakkan berbagai kolaborasi dalam pemerintahan, pemerintah dengan masyarakat, maupun antarmasyarakat. “Kita harus terus optimistis dan bersatu,” pinta menkominfo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement