Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

35 Ribu Warga Cikarang Selatan Sudah Divaksinasi

Rabu 18 Aug 2021 06:34 WIB

Rep: Uji Sukma Medianti/ Red: Bilal Ramadhan

Petugas kesehatan mengukur tekanan darah seorang pedagang (kiri) yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (7/7/2021). Sebanyak 300 pedagang di wilayah Kabupaten Bekasi mengikuti vaksinasi guna mencegah penyebaran wabah COVID-19.

Petugas kesehatan mengukur tekanan darah seorang pedagang (kiri) yang akan mengikuti vaksinasi COVID-19 di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (7/7/2021). Sebanyak 300 pedagang di wilayah Kabupaten Bekasi mengikuti vaksinasi guna mencegah penyebaran wabah COVID-19.

Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Sektor industri berpengaruh terhadap capaian jumlah vaksinasi di Cikarang Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Sebanyak 35 ribu warga Cikarang Selatan telah divaksin. Dengan jumlah tersebut, maka kekebalan kelompok sebesar 50 persen di Kabupaten Bekasi ditargetkan dapat tercapai pada Agustus ini.

"35 ribu lebih warga Kecamatan Cikarang Selatan telah divaksinasi baik dosis pertama maupun dosis kedua," kata Camat Cikarang Selatan, Agus Dahlan, dalam keterangan resmi, Selasa (17/8).

Agus menjelaskan, sektor industri juga berpengaruh terhadap capaian jumlah vaksinasi di Cikarang Selatan mengingat di wilayah Cikarang Selatan juga terdapat perusahaan-perusahaan industri yang esensial dan kritikal.

"Dukungan terhadap percepatan vaksinasi di sektor industri juga datang dari Pemerintah Daerah, Kapolri, Wakapolri, dan pihak lainnya yang menyediakan dan memantau langsung vaksinasi di perusahan," ucap dia.

Dirinya berharap percepatan vaksinasi ini dapat menjadi kunci penanganan Covid-19 di wilayah Kecamatan Cikarang Selatan, sehingga mobilitas masyarakat yang tinggi akan lebih aman dari paparan Covid-19.

Sebelumnya, pada 8 Agustus lalu, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bekasi Herman Hanapi menyebut, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di kawasan industri harus ditargetkan selesai sampai akhir 2021. Saat ini, jumlah karyawan industri yang telah divaksin sudah 26 persen.

"Pencapaian targetnya sekarang sudah 26 persen. Dengan adanya dukungan dari anggaran (refocusing) mudah-mudahan target vaksinasi di kawasan industri bisa cepat meningkat. Harapannya akhir tahun seluruhnya sudah bisa divaksin," kata Pj Sekda Herman Hanapi, dalam keterangan tertulis, Ahad (8/8).

Herman Hanapi mengimbau pengelola kawasan industri untuk dapat berpartisipasi melaksanakan vaksinasi secara terpusat dan terintegrasi.

"Kita sudah sampaikan himbauan melalui surat edaran dan rapat kepada pengelola kawasan untuk dapat berpartisipasi dalam rangka percepatan vaksinasi ini, karena lebih efektif jika kita laksanakan secara terpusat dan terintegrasi," jelasnya.

Herman menambahkan, untuk mempercepat program vaksinasi, Pemkab Bekasi sudah meluncurkan 4 unit mobil vaksinasi keliling dengan salah satu sasaran target adalah pasar-pasar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA