Rabu 18 Aug 2021 05:52 WIB

Bayern Muenchen Juara Piala Super Jerman

Bayern Muenchen mengalahkan Borussia Dortmund 3-1.

Para pemain Bayern Muenchen merayakan gelar juara Piala Super Jerman 2021 setelah mengalahkan Borussia Dortmund 3-1.
Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Para pemain Bayern Muenchen merayakan gelar juara Piala Super Jerman 2021 setelah mengalahkan Borussia Dortmund 3-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bayern Muenchen mengamankan trofi Piala Super DFL (Piala Super Jerman) seusai menundukkan Borussia Dortmund dengan skor 3-1 di Stadion Signal Iduna Park, Dortmund, Rabu (18/8) dini hari WIB. Kemenangan itu tak ubahnya jadi penghormatan sempurna dari Muenchen untuk legenda mereka, Gerd Mueller, yang berpulang pada Ahad (15/8). Nama penyerang timnas Jerman itu sempat dikenang dalam kaus spesial yang dipakai Muenchen saat sesi pemanasan jelang kick-off.

Robert Lewandowski mengemas dua yang diselingi sumbangan gol Thomas Mueller untuk menyokong kemenangan Muenchen. Dortmund hanya mampu membalas sekali lewat Marco Reus, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Baca Juga

Muenchen memenangi Piala Super Jerman untuk kesembilan kalinya. Trofi tersebut menandai raihan pertama Muenchen di bawah pelatih anyar, Julian Nagelsmann, yang meneruskan tongkat estafet dari Hansi Flick.

Pertandingan berlangsung seru sejak sepak mula laga antara dua juara Jerman musim lalu tersebut. Tuan rumah sebetulnya punya peluang emas untuk membuka keunggulan pada menit ke-20. Jude Bellingham mengirimkan umpan terobosan yang bisa dikejar oleh Reus, menciptakan situasi satu lawan satu dengan kiper Manuel Neuer. Namun Neuer bereaksi lebih cermat dengan menjulurkan kakinya untuk menghalau tembakan Reus dan hanya menghasilkan sepak pojok bagi Dortmund.

Pada menit ke-34, Muenchen nyaris unggul saat bola muntah tembakan Thomas Mueller yang dimentahkan kiper Gregor Kobel jatuh di hadapan Lewandowski. Namun sepakan bomber Polandia itu diadang oleh Axel Witsel tepat di garis gawang.

Baca juga : AS Siap Kirim Kembali Pasukan ke Afghanistan Lawan Terorisme

Dua menit berselang, Youssoufa Moukoko sukses menyarangkan bola ke dalam gawang Bayern. Sayang gol itu segera dianulir lantaran talenta muda tersebut sudah terjebak offside saat Erling Haaland mengirim umpan terobosan.

Dortmund mengancam lagi pada menit ke-40 saat Manuel Akanji mengirimkan umpan jauh akurat yang bisa dikejar dan diselesaikan baik oleh Haaland. Namun Neuer keluar dari sarangnya untuk mementahkan tembakan tersebut. 

Semenit kemudian, justru Bayern yang berhasil memecahkan kebuntuan saat Dortmund kehilangan bola di tengah lapangan. Serge Gnabry mengakhirinya dengan umpan silang matang yang ditanduk oleh Lewandowski untuk mengoyak jala gawang tuan rumah.

Keunggulan Bayern bertambah empat menit memasuki babak kedua. Mueller dengan dingin menyontek bola muntah hasil penyelamatan tak sempurna Kobel atas tembakan Lewandowski. Pada menit ke-53, sekali lagi hakim garis merusak selebrasi para pemain Dortmund. Ia memastikan Haaland sudah terjebak offside saat menerima dan menyelesaikan umpan terobosan dari Bellingham.

Dortmund akhirnya memetik buah kerja keras mereka pada menit ke-64 saat Reus mencetak gol indah dari tepian busur lengkung luar kotak penalti. Neuer memperdaya Neuer demi memperkecil ketertinggalan jadi 1-2. Akan tetapi Dortmund gagal melanjutkan momentum itu. Gawang mereka malah bobol lagi pada menit ke-74 lantaran blunder. Umpan Akanji diteruskan Corentin Tolisso ke arah Lewandowski yang kemudian dengan tenang menaklukkan Kobel. 

Dortmund berpacu dengan waktu untuk bangkit, tapi serangan-serangan mereka tak kunjung membuahkan hasil. Termasuk ketika Mahmoud Dahoud mengirim umpan terobosan apik yang bisa dikejar Haaland. Sayang, gangguan dari Niklas Suele membuat bola tembakannya hanya menghantam jala luar gawang.

Baca juga : Siapa Sosok yang Menyelamatkan Bendera Saat Upacara HUT RI ?

Bayern mengangkat trofi pertama mereka musim ini dengan kemenangan 3-1 atas Dortmund. Hasil ini mengobati sedikit kekecewaan setelah laga pembuka Liga Jerman berakhir imbang 1-1 melawan Borussia Moenchengladbach, akhir pekan kemarin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement