Selasa 17 Aug 2021 20:26 WIB

Prodi Kehutanan UMM Peroleh Akreditasi Baik Sekali

Penilaian ini dilihat dari kemajuan prodi selama tiga tahun sebelum pengajuan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UMM.
Foto: Dokumen.
Kampus UMM.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Program Studi Kehutanan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memperoleh akreditasi Baik Sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Perubahan akreditasi ini tercantum pada sertifikat akreditasi yang dikeluarkan Selasa (3/8) lalu.

Kepala Prodi Kehutanan UMM, Joko Triwanto mengatakan, raihan tersebut dapat dicapai berkat kerja sama dari berbagai pihak. Tidak hanya dari prodi tetapi juga dari berbagai unit kampus dan tim pendamping.

Prodi Kehutanan UMM berhasil meraih akreditasi Baik Sekali setelah memenuhi sembilan kriteria dari BAN-PT. Penilaian ini dilihat dari kemajuan prodi selama tiga tahun sebelum pengajuan. "Jadi capaian akreditasi tersebut merupakah hal yang patut disyukuri pada masa-masa sulit seperti ini,” kata Joko.

Diungkapkan, Prodi Kehutanan merupakan satu-satunya prodi di UMM yang mengajukan sembilan kriteria akreditasi kepada BAN-PT. Kesembilan kriteria tersebut meliputi pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, sarana dan prasarana.

Ada pula penggunaan biaya perkuliahan, jalinan kerja sama dengan pihak luar, bentuk kerja sama, dan bagaimana proses kerja sama berjalan. Pada penilaian kerja sama dengan pihak luar, proses menjadi bagian yang sangat penting.

Tidak hanya terbatas pada Memorandum of Understanding (MoU) saja tetapi sudah harus sampai Memorandum of Agreement (MoA). "Jadi action memiliki peran penting dalam penilaian ini,” katanya,  Senin (16/8).

Sejauh ini Prodi Kehutanan telah bekerja sama dengan berbagai taman nasional di Pulau Jawa maupun luar Jawa. Terhitung, Prodi Kehutanan telah bekerja sama dengan 15 taman nasional seperti Alas Purwo dan Taman Nasional Bromo.

Begitupun dengan Gunung Merapi, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhutani (Puslitbang) di Cepu, Taman Nasional Mangrove, dan lain sebagainya. Bentuk kerja sama dengan taman nasional akan membantu praktik dan penelitian yang akan dilakukan mahasiswa.

Kemudian cakupan wilayah pada masing-masing taman nasional juga terhitung luas dan memadai. Joko berharap Prodi Kehutanan akan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Hal itu tidak lepas dari cita-cita UMM yang memiliki tagline dari "Muhammadiyah untuk Bangsa".

Selain itu, dia juga berharap mahasiswa akan mendapatkan praktik kerja nyata yang bagus. "Pun dengan para alumni yang sanggup terserap di berbagai lapangan pekerjaan,” ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement