Selasa 17 Aug 2021 13:48 WIB

Peringkat Enam Kampus Saudi di Dunia Kian Membaik

Tahun lalu hanya empat universitas Saudi yang masuk peringkat global

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Esthi Maharani
Mahasiswa di Arab Saudi
Foto: arabnews
Mahasiswa di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Enam universitas di Arab Saudi telah terdaftar di antara 1.000 kampus teratas dunia dalam Peringkat Akademik Universitas Dunia (ARWU) untuk tahun 2021. Perolehan ini lebih baik dibanding tahun lalu ketika hanya empat universitas di Saudi yang masuk dalam peringkat global.

Dilansir dari Saudi Gazette pada Selasa (17/8), Universitas King Abdulaziz (KAU) dan Universitas King Saud (KSU) mengamankan tempat di antara 150 universitas top dunia. Kedua kampus itu yang pertama mempertahankan peringkatnya dalam kategori 101-150 ARWU dan yang terakhir bergerak dari kategori 200-251 ke 101-150 kategori.

Kemudian King Abdullah University of Science and Technology (KAUST), King Fahd University of Petroleum & Minerals (KFUPM), King Khaled University (KKU) dan Taif University masuk dalam peringkat 1.000 institusi teratas di dunia. King Abdullah University of Science and Technology dan King Fahd University of Petroleum & Minerals telah mempertahankan peringkat mereka untuk kedua kalinya berturut-turut dalam kategori 201-300 dan 401-500. Adapun Universitas King Khaled dan Universitas Taif telah masuk peringkat untuk pertama kali di ARWU pada kategori 801-900.

Taif University masuk ARWU dengan menjadi universitas terbaik keempat Arab Saudi dan 872 secara global dalam klasifikasi 2021. Presiden Universitas Taif Prof. Dr. Youssef Asiri mencatat bahwa pencapaian global baru ini merupakan hasil dari upaya tanpa henti yang dilakukan oleh staf akademik untuk mewujudkan visi institusi sesuai visi Saudi 2030. Ia menargetkan peringkat global yang lebih tinggi pada tahun-tahun mendatang.

Youssef juga menggambarkan masuknya Taif University ke ARWU sebagai langkah pertama menuju kancah global. Ini mendasari keinginan institusi untuk naik tinggi di peringkat internasional selama tahun-tahun berikutnya dalam memenuhi ambisi Saudi.

Sebagai badan klasifikasi global, ARWU memeringkat universitas dunia menurut seperangkat kriteria dan standar, termasuk kualitas pendidikan, efisiensi anggota fakultas, hasil penelitian ilmiah, dan ukuran institusi. Peringkat ARWU untuk tahun 2021 diresmikan oleh ShanghaiRanking Consultancy, yang mengatakan bahwa 1.000 universitas terbaik di dunia telah dipilih di antara lebih dari 2.000 institusi akademik yang telah dievaluasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement