Selasa 17 Aug 2021 13:31 WIB

Selandia Baru dan Australia Bantu Evakuasi Warga Afghanistan

Evakuasi akan dilakukan terhadap warga Afghanistan yang membantu pasukan dua negara

Red: Nur Aini
Selandia Baru dan Australia pada Senin (16/8) mengumumkan bahwa mereka akan membantu mengevakuasi warga negara Afghanistan yang membantu pasukan mereka yang pernah dikerahkan ke negara itu.
Selandia Baru dan Australia pada Senin (16/8) mengumumkan bahwa mereka akan membantu mengevakuasi warga negara Afghanistan yang membantu pasukan mereka yang pernah dikerahkan ke negara itu.

REPUBLIKA.CO.ID, WELLINGTON -- Selandia Baru dan Australia pada Senin (16/8) mengumumkan bahwa mereka akan membantu mengevakuasi warga negara Afghanistan yang membantu pasukan mereka yang pernah dikerahkan ke negara itu.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan negaranya akan membantu warga Afghanistan beserta anggota keluarga mereka untuk mengungsi dari Afghanistan, setelah ibu kota Afghanistan, Kabul, diduduki oleh Taliban pada Ahad (15/8).

Baca Juga

Kabinet telah setuju untuk membantu 37 warga negara Afghanistan dan anggota keluarga dekat mereka yang bekerja untuk Pasukan Pertahanan Selandia Baru di Afghanistan. Ardern mengungkapkan pemerintahnya juga menawari 53 warga Selandia Baru di Afghanistan dukungan konsuler. PM itu menyatakan kekhawatirannya atas situasi yang memburuk di Afghanistan.

Dia juga menggarisbawahi bahwa pemerintahnya akan mencari cara untuk mendukung respons kemanusiaan di negara itu.

"Karena situasi di Afghanistan memburuk begitu cepat, maka pilihan kami hanya merespons dengan cepat," kata dia lagi.

Sementara itu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan bahwa sejak April, 430 warga Afghanistan yang bekerja dengan pasukan Australia dan keluarga mereka telah dimukimkan kembali di Australia.

"Kami masih terus mengevakuasi orang-orang Afghanistan. Namun saya tidak bisa memberikan rinciannya secara operasional," kata Morrison ketika diwawancarai Sky News.

Morrison juga menekankan bahwa Canberra "tidak berencana" untuk mengakui Taliban secara bilateral. "Kita sedang menghadapi situasi yang sangat berbahaya dan sangat menyedihkan di Afghanistan," imbuh dia.

*Ditulis oleh Islamuddin Sajid

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/selandia-baru-australia-bantu-evakuasi-warga-afghanistan-/2336893
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement