Selasa 17 Aug 2021 01:40 WIB

HUT ke-76 RI, Momentum Ingatkan Bangsa Arti Pancasila  

Pancasila pada dasarnya merekatkan elemen yang berbeda demi bangsa

Pancasila pada dasarnya merekatkan elemen yang berbeda demi bangsa. Ilustrasi Pancasila
Foto: Republika/Mardiah
Pancasila pada dasarnya merekatkan elemen yang berbeda demi bangsa. Ilustrasi Pancasila

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Setiap 17 Agustus kesadaran kolektif bangsa Indonesia diingatkan kembali mengenai arti kemerdekaan Indonesia. Kemerdekaan Indonesia bukan hanya diperingati dengan indahnya kembang api atau acara yang megah, melainkan mengingatkan kembali tujuan berdirinya bangsa ini. 

“Para pendiri bangsa telah menetapkan tujuan berdirinya bangsa dan negara ini dengan sangat elok, dalam pembukaan UUD 1945. Itulah jalan di kaki menetap untuk membangun Indonesia,” ujar Ketua Umum DPP Lembaga Dakwah Islam Indonesia, KH Chriswanto Santoso dalam webinar kebangsaan bertajuk "Peran Ormas Islam dalam Membumikan Pancasila", Ahad, (15/8).  

Baca Juga

Siapapun eksekutif pelaksana pemerintahan, pembukaan UUD 1945 menjadi acuannya.  Menurutnya, kondisi dunia yang sedang prihatin akibat pandemi Covid-19 memberikan hikmah agar rakyat Indonesia saling bergotong royong, menyedekahkan harta dan tenaga yang dimiliki dalam penanganan pandemi Covid-19.  

Selain itu, pandemi Covid-19 juga memunculkan kesadaran pentingnya urusan kebangsaaan, “Musuh kebangsaan itu muncul untuk merusak persatuan dan kesatuan, berupa hoaks yang bertebaran di media sosial,” ungkapnya.

 Hal itu, menurut dia, bisa merusak pengikat kita sebagai bangsa yang terdiri dari beragam ras, suku, dan agama. “Harus selalu kita ingat bahwa kita adalah bangsa yang besar, bangsa yang satu, bahwa Indonesia dibentuk dan lahir dari perbedaan yang ada,” ujarnya. Sehingga, menyatukan perbedaan menjadi sesuatu yang memiliki nilai tertinggi saat Indonesia telah merdeka dan wawasan kebangsaan harus selalu diberikan. 

Menghadapi pandemi, Chriswanto menegaskan bahwa tugas sebagai warga negara bukanlah mengeluh terhadap apa yang diberikan Allah, namun bagaimana berikhtiar, mengatasi bersama-sama Covid-19 dan kembali Indonesia membangun perekonomiannya menuju Indonesia Emas 2045. Hal ini juga sesuai dengan tema Kemerdekaan Indonesia, ‘Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh’. 

Bagi Lembaga Dakwah Islam Indonesia, jika Indonesia guncang, maka umat Islam tidak bisa melaksanakan ibadah dan berdakwah dengan baik. “Mari kita mencintai Indonesia, membangun Indonesia, dan betul-betul kita ciptakan umat ini menjadi bangsa yang tangguh menghadapi cobaan ini,” kata Chriswanto. 

Kasubdit Lingkim Direktorat Bela Negara Ditjen Potensi Pertahanan Umum Kementerian Pertahanan, Kolonel Adm Amiruddin Laupe, menegaskan pandemi Covid-19 seharusnya menjadi penguat nilai-nilai gotong royong. Menurutnya nilai gotong royong dari para pendahulu bangsa Indonesia, yang perlu ditanamkan hingga kini.  

Amiruddin Laupe mengatakan, gotong royong terkandung...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement