Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Monday, 19 Rabiul Awwal 1443 / 25 October 2021

Pemerintah Siap Evakuasi Warga Indonesia di Afghanistan

Senin 16 Aug 2021 09:14 WIB

Red: Teguh Firmansyah

Pelaksana Tugas (Plt) juru bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah

Pelaksana Tugas (Plt) juru bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Evakuasi akan dilakukan dilakukan jika memang situasi di Afghanistan memburuk.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Taliban dengan cepat berhasil menguasai Afghanistan. Sejumlah negara seperti Amerika Serikat dan Jerman telah mengevakuasi warga dan staf kedubes dari ibu kota Kabul.

Bagaimana dengan Indonesia?  

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan, pemerintah terus memantau situasi di Afghanistan dan telah berkoordinasi dengan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di sana. Pemerintah, kata Faiza, telah siap mengevakuasi warga maupun staf KBRI jika memang situasinya memburuk.  

"Pada intinya kita telah lakukan persiapan, kita siap melakukan evakuasi jika kondisnya betul-betul memungkinkan," ujarnya kepada Republika.co.id, Senin (16/8).   

Menurut Faiza, situasi saat ini, sangat dinamis. Pemerintah pun telah mengimbau kepada WNI di sana untuk tetap berhati-hati. "Kalau pun evakuasi nanti WNI yang kita dahulukan dan staf KBRI," ujarnya.

Namun yang perlu ditekankan, tegas mantan Dubes Kanada itu, Indonesia tidak menutup perwakilannya. Akan ada pejabat esensial yang tetap bertugas di sana.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA