Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

Sunday, 1 Jumadil Awwal 1443 / 05 December 2021

KRI Teluk Bentuni Angkut Bantuan Alkes dari Singapura

Senin 16 Aug 2021 06:54 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Muhammad Fakhruddin

KRI Teluk Bentuni Angkut Bantuan Alkes dari Singapura (ilustrasi).

KRI Teluk Bentuni Angkut Bantuan Alkes dari Singapura (ilustrasi).

Foto: Antara/Zabur Karuru
KRI Teluk Bintuni akan bersandar di Dermaga JICT II Jakarta untuk menurunkan bantuan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Unsur kapal perang Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), KRI Teluk Bintuni 520, mendukung pengiriman bantuan dari Temasek Foundation kepada Indonesia dalam rangka membantu penanganan Covid-19 di Indonesia.

Komandan KRI Teluk Bintuni 520, Letkol Laut (P) Andrik Irwanto, menyebut 798 ton bantuan alat kesehatan untuk penanganan Covid-19 di Indonesia itu dibawa dari Changi Naval Base Singapura.

"Dari Changi Naval Base Singapura kami embarkasi bantuan tersebut pada hari Jumat (13/8) dan dijadwalkan tiba di dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Senin (16/8)," kata Andrik dalam keterangan tertulis, Ahad (15/8).

Dia menerangkan, rencananya KRI Teluk Bintuni 520 akan bersandar di Dermaga JICT II Jakarta untuk menurunkan bantuan. Bantuan tersebut berupa peralatan medis yang terdiri dari konsentrator oksigen, ventilator, masker, dan obat-obatan dengan berat total 798 ton.

Pada Sabtu (14/8), kapal perang jenis angkut tank tersebut tengah melintas laut menuju Jakarta dengan membawa bantuan yang akan diserahkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu.

Panglima Kolinlamil, Laksma TNI Erwin S Aldedharma, mengatakan, tugas pokok Kolinlamil berdasarkan Perpres no 66 tahun 2019 tentang Susunan Organisasi TNI ialah selain melaksanakan pergeseran pasukan dan logistik dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP), juga mendukung bantuan angkutan laut dalam rangka Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Kolinlamil selalu siap mendukung operasi angkutan laut militer sesuai perintah pimpinan TNI/TNI AL, dan disituasi pandemi Covid-19 ini siap mendukung pengiriman bantuan alat kesehatan dan obat-obatan” ujar mantan Kepala Staf Koarmada I itu.

"Unsur-unsur Kolinlamil lainnya pun siap untuk mendukung apabila dibutuhkan dalam operasi bantuan kemanusiaan lainnya," tambah dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA