Ahad 15 Aug 2021 22:38 WIB

Semakin Ekonomis, Pengguna PLTS Atap Diharapkan Bertambah

Teknologi yang ada di panel surya kian jamak sehingga makin ekonomis.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Fuji Pratiwi
Ilustrasi PLTS Atap. PLTS Atap kini dinilai makin ekonomis.
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Ilustrasi PLTS Atap. PLTS Atap kini dinilai makin ekonomis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia memiliki potensi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang cukup besar, yakni mencapai 32,5 Gigawatt (GW). Namun, baru dimanfaatkan sebesar 31,32 Megawatt Peak (MWp).

Hingga Mei 2021, PLTS Atap tercatat digunakan oleh 3.781 pelanggan. Jumlah tersebut meningkat drastis dibandingkan pemanfaatan PLTS Atap pada November 2018 yang hanya sebesar 592 pelanggan.

Baca Juga

Menurut Direktur Strategi Bisnis dan Portofolio PT Len Industri (Persero) Linus Andor Mulana Sijabat, saat ini teknologi yang digunakan pada panel surya sudah mutakhir. Penggunaannya tidak lagi rumit. Panel surya hanya perlu diletakkan di area yang terkena sinar matahari langsung, misalnya di atap rumah atau gedung, sudah dapat mengalirkan listrik.

"Kalau kita lihat, solar cell sebenarnya sudah tidak high tech, dapat langsung dipakai. Tinggal dijemur saja ke (sinar) matahari, langsung keluar listrik. Ini sudah umum," ujar Linus.

Linus juga mengatakan, teknologi crystalline yang jamak digunakan pada panel surya juga telah memiliki tingkat efisiensi yang tinggi. Teknologi ini sudah mutakhir dan terbukti.

Secara termodinamik, efisiensinya 30 persen secara teoritis, praktisnya mungkin sekitar 27 persen. "Teknologi ini sudah matang, jadi sudah pasti terbukti. Kalau di segi ekonomi sudah pasti ekonomis," tambah Linus.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan 70 MWp PLTS Atap akan terpasang pada akhir tahun ini. Dengan teknologi yang kian mutakhir dan biaya yang semakin ekonomis, pemerintah pun mendorong pemanfaatan PLTS Atap yang lebih luas lagi dengan menerbitkan aturan yang ramah bagi pengguna PLTS Atap.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement