Ahad 15 Aug 2021 19:21 WIB

Film Shang-Chi Diprediksi Raih Pendapatan Terendah di MCU

Jika bukan pandemi, penghasilan film ini diperkirakan setara film Marvel lainnya.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Film superhero Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings diprediksi meraup pendapatan terendah pada pekan pembukaan pertama sepanjang sejarah film Marvel Cinematic Universe (MCU).
Foto: Disney/MCU
Film superhero Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings diprediksi meraup pendapatan terendah pada pekan pembukaan pertama sepanjang sejarah film Marvel Cinematic Universe (MCU).

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film superhero Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings diprediksi meraup pendapatan terendah pada pekan pembukaan pertama sepanjang sejarah film Marvel Cinematic Universe (MCU) sejak The Incredible Hulk dirilis pada 2008. Film terbaru di MCU ini merupakan entri solo pertama superhero baru di MCU sejak Captain Marvel pada 2019.

Minat terhadap film ini cukup tinggi. Meski kasus Covid-19 dengan varian Delta semakin banyak di Amerika Serikat (AS), namun masih ada kesempatan penonton bisa duduk melihat Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings pada akhir pekan pembukaannya.

Tidak seperti Black Widow yang dirilis di bioskop dan Disney+ Premier Access pada waktu yang sama dengan harga 30 dolar AS (Rp 431 ribu), film Shang-Chi akan dirilis secara eksklusif di bioskop selama 45 hari sebelum ditayangkan di layanan streaming.

Langkah tersebut diambil sebagai eksperimen oleh CEO Disney, Bob Chapek, untuk mengukur seberapa nyaman perasaan penonton dan bagaimana film Marvel bisa tampil di bioskop. Ini adalah keputusan kontroversial bagi sebagian orang.

Sepertinya, itu berakhir cukup menyakitkan bagi box office pembukaan Shang-Chi. Menurut Boxoffice Pro, untuk akhir pekan pembukaannya, Shang-Chi diperkirakan meraup pendapatan di kisaran 35 juta dolar AS hingga 55 juta dolar AS (Rp 502 miliar hingga Rp 790 miliar).

Angka itu lebih rendah dari akhir pekan pertama pembukaan The Incredible Hulk yang menyentuh angka 55,4 juta dolar AS (Rp 795,7 miliar), dan akan menempatkannya di bawah film Ant-Man yang berada di angka 57 juta dolar AS (Rp 818,7 miliar) pada 2015.

Meskipun proyeksinya rendah untuk film Marvel Studios dan mengingat karena kondisi pandemi Covid-19, ini masih merupakan angka pembukaan yang mengesankan dan bisa menunjukkan kekuatan Marvel.

Dengan estimasi pendapata terendah 35 juta dolar AS, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings akan tampil lebih baik di akhir pekan pembukaannya dibandingkan Godzilla vs. Kong, Space Jam: a New Legacy, dan The Suicide Squad.

Akan ada banyak faktor yang memengaruhi pembukaan box office Shang-Chi dan akan sulit membandingkan kesuksesannya dengan film Marvel lainnya. Jika bukan karena pandemi, film ini bisa meraup di kisaran seperti film Marvel lain seperti Doctor Strange 85 juta dolar AS (Rp 1,2 triliun), Iron Man 98,6 juta dolar AS (Rp 1,4 triliun), atau bahkan Captain Marvel 154 juta dolar AS (Rp 2,2 triliun).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement