Ahad 15 Aug 2021 17:49 WIB

Benarkah Putih Telur Lebih Sehat Dibanding Telur Utuh?

Putih telur terdiri dari sekitar 10 persen protein dan 90 persen air.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Telur (ilustrasi)
Foto: Pixabay
Telur (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Anda mengerti makronutrien dan mendapati diri kekurangan protein, Anda mungkin mengonsumsi satu atau dua porsi ekstra putih telur untuk meningkatkan protein. Putih telur baik untuk tubuh, mengandung lebih dari 26 gram protein per cangkir, 126 kalori, kurang dari dua gram karbohidrat, dan lemak.

Tidak dapat disangkal nutrisi putih telur untuk protein vegetarian. Namun, putih telur secara teknis mengandung lebih banyak air.

Ahli diet terdaftar dengan NourishRX yang berbasis di Salem, Mass, Emma Newell mengatakan putih telur terdiri dari sekitar 10 persen protein dan 90 persen air. Jika melihat telur secara utuh, sebagian besar protein berasal dari putih telur yang merupakan protein lengkap, artinya mengandung sembilan asam amino esensial (bagus untuk vegetarian).

“Tapi secara keseluruhan, selain protein, nutrisi putih telur sangat minim,” kata Newell dilansir MSN, Ahad (15/8).

Jika Anda bertanya-tanya apakah telur utuh itu sehat, jawabannya adalah ya. Telur adalah salah satu makanan yang paling padat nutrisi, asalkan Anda makan semuanya, putih, dan kuning telur. 

Kepadatan nutrisi mengacu pada nilai gizi makanan relatif terhadap jumlah kalorinya. Makanan padat nutrisi dikemas dalam sejumah nutrisi makro dan mikro untuk seberapa sedikit kalori mereka. Misalnya saja, dari satu telur besar, Anda akan mendapatkan 13 vitamin dan mineral penting, dan 6 gram protein untuk 70 kalori kecil.

Memang benar, kuning telur mengandung sekitar 5 gram lemak dan 211 miligram kolesterol, yang mungkin menjadi dua alasan mengapa beberapa orang memilih putih telur daripada telur utuh. Namun dengan tidak makan kuning telur, Anda kehilangan nutrisi mikro utama. 

Ini termasuk lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang penting untuk kesehatan mata; kolin, yang telah terbukti meningkatkan memori dan kinerja (telur adalah salah satu dari sedikit sumber makanan kolin); dan folat, yang dikenal dapat mengurangi cacat tabung saraf pada janin. Kuning telur juga tinggi vitamin B12, riboflavin, dan vitamin A, D, dan K yang larut dalam lemak.

Makan putih telur saja mungkin tidak memberikan nutrisi yang cukup. Meskipun penuh protein, memakannya tanpa nutrisi makro dan mikro lainnya dapat mengurangi rasa kenyang dan kepuasan secara keseluruhan pada waktu makan. 

"Saya tidak akan merekomendasikan mengonsumsi putih telur dibandingkan telur utuh. Putih telur hanya menyediakan sumber protein, dan jika Anda tidak memasukkan kuning telur, Anda kehilangan nutrisi utama dan kepuasan keseluruhan yang dapat diberikan seluruh telur," ujar Newell.

Beberapa orang juga berbicara secara anekdot tentang putih telur yang menyebabkan sembelit. Meskipun tidak banyak penelitian di luar sana yang menunjukkan hal ini, Newell mengatakan itu mungkin karena fakta bahwa telur tidak mengandung serat makanan, yang berguna untuk pergerakan usus yang konsisten. Sementara kuning telur mengandung kolesterol makanan, Newell mengatakan penelitian telah menunjukkan bahwa lemak jenuh secara keseluruhan memiliki dampak yang lebih besar pada kadar kolesterol dalam tubuh.

"Mereka yang berisiko terkena penyakit jantung dapat dengan aman mengonsumsi telur utuh sambil mengikuti diet seimbang secara keseluruhan (memasukkan) biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran," kata Newell.

Cara klasik untuk menggunakan putih telur adalah dengan mengganti sebagian atau seluruh telur utuh dengan telur dadar, menambahkan banyak sayuran segar, sedikit keju, dan beberapa kentang hash, atau roti gandum di sampingnya untuk hasil yang seimbang dan memuaskan. Anda juga dapat menggunakan putih telur dengan cara non-tradisional, seperti kue ke dalam granola (satu putih telur untuk mendapatkannya ekstra renyah). Atau dicampur ke dalam protein buatan sendiri (menambahkan dorongan protein produk).

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement