Thursday, 10 Rabiul Awwal 1444 / 06 October 2022

Pemkot Sukabumi Mulai Vaksinasi Dosis ke-3 SDM Nakes

Ahad 15 Aug 2021 15:34 WIB

Rep: riga nurul iman/ Red: Hiru Muhammad

Kota Sukabumi mulai menggencarkan pemberian vaksinasi dosis ke-3 sebagai booster vaksin yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang kesehatan. Pemberian vaksinasi jenis Moderna untuk nakes ini digelar pada Jumat (13/8) lalu.

Kota Sukabumi mulai menggencarkan pemberian vaksinasi dosis ke-3 sebagai booster vaksin yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang kesehatan. Pemberian vaksinasi jenis Moderna untuk nakes ini digelar pada Jumat (13/8) lalu.

Foto: istimewa
Vaksinasi dosis ketiga ini ditargetkan sebanyak 300 orang SDM kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Kota Sukabumi mulai menggencarkan pemberian vaksinasi dosis ke-3 sebagai booster vaksin yang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang kesehatan. Pemberian vaksinasi jenis Moderna untuk nakes ini digelar pada Jumat (13/8) lalu.

'' Kami sudah kick off vaksinasi dosis ke 3 atau booster untuk SDM kesehatan pada Jumat,'' ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi Lulis Delawati, Ahad (15/8). Pada momen perdana vaksinasi dosis ketiga ini ditargetkan sebanyak 300 orang SDM kesehatan tervaksinasi.

Namun kata Lulis, yang tervaksin sebanyak 260 orang. Sebab ada yang tidak bisa divaksin karena masalah administrasi P-care vaksinasi. Aplikasi P-care vaksinasi merupakan bagian terintegrasi dari Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi Covid-19.

Dalam artian yang bisa divaksin yang punya tiket U atau tenaga kesehatan yang sudah mendapatkan dosis 1 dan dosis Sinovac. Sehingga yang tidak punya tiket U tidak bis masuk sistem jadi ditunda dulu untuk di cek administrasinya. Sebelumnya kata Lulis, di awal Agustus 2021 lalu Kota Sukabumi menerima vaksin diterima terdiri dari empat jenis. Rinciannya kata Lulis, Sinovac 1.236 vial, Sinopharm 257 vial, dan Astra -Zeneca 2.500 vial. Selanjut vaksin Moderna untuk tenaga kesehatan (nakes) juga sudah di Kota Sukabumi yakni 2.874 dosis. Dari data yang ada jumlah sementara tenaga kesehatan yang belum vaksinasi dosis 3 ada 3.000 lebih. Sehingga Dinas Kesehatan Kota Sukabumi akan menunggu tambahan stok vaksin Moderna ketika sudah habis.

Di sisi lain kata Lulis, vaksinasi untuk masyarakat umum terus dilakukan. Misalnya pada Sabtu (14/8) tetap digelar vaksinasi kepada warga dengan sasaran usia 18 tahub ke atas di sentra vaksinasi Covid-19 Gedung Juang 45 Kota Sukabumi.

Di lokasi itu ditargetkan sebanyak 2.000 orang warga bisa tervaksin. Di mana sistem pendaftaran melalui online dan diatur waktu kedatangan berdasarkan nomor urut pada saat mendaftarkan secara online untuk mencegah kerumunan di lokasi vaksinasi.

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan, upaya percepatan vaksinasi terus dilakukan di Kota Sukabumi. Salah satunya ditujukan kepada nakes yang mendapatkan vaksinasi dosis ketiga karena merupakan garda terdepan dalam penanganan Covid-19.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA