Ahad 15 Aug 2021 11:30 WIB

Hal-Hal yang Bisa Dioptimalkan dari Ponsel Pintar

Ponsel pintar dan internet bisa dimanfaatkan untuk banyak hal untuk menghasilkan uang

Rep: Farah Noersativa/ Red: Dwi Murdaningsih
Bermain Ponsel (Ilustrasi)
Foto: Pexels
Bermain Ponsel (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), kita lebih banyak melakukan aktivitas di rumah. Dengan adanya internet yang tersambung, kita bisa memanfaatkannya untuk menambah penghasilan tambahan. Terlebih, jika dulu internet hanya bisa tersambung melalui komputer, saat ini internet pun tersambung ke ponsel. 

Lalu apa saja yang bisa kita lakukan selama di rumah saja dengan internet? Berikut beberapa rekomendasi hal-hal yang bisa kita lakukan, seperti dalam rilis yang diterima Republika.co.id dari ponsel pintar Itel Vision 2, Jumat (13/8). 

Baca Juga

Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah berjualan. Selama di rumah, banyak barang yang kita jual secara daring dengan ponsel.

Kita juga bisa mencoba berbagai resep yang bisa ditemukan di internet dan menjualnya di media sosial. Selain itu, kita bisa mencari supplier berbagai barang seperti pakaian dan sepatu langsung dari pabrik, lalu berikan tambahan kreasi keren dan kemudian jual dengan merek sendiri. Proses berjualan mulai dari mencari bahan, mengambil foto produk, dan mempromosikannya, bisa dilakukan di rumah saja hanya dengan menggunakan ponsel pintar. 

Hal kedua yang bisa kita lakukan dengan ponsel pintar dan internet adalah bergabung dengan perusahaan kurir daring. Saat kita dianjurkan untuk tetap di rumah, tentunya banyak barang yang perlu kita beli tanpa harus keluar rumah. Di situ lah jasa kurir daring sangat dibutuhkan. 

Dengan bergabung menjadi kurir daring, kita bisa memanfaatkan ponsel pintar kita dengan memanfaatkan sejumlah fitur canggih di dalamnya. Mulai dari aplikasi kurir, peta dan aplikasi untuk komunikasi, dan lain-lain. Namun, tetap patuhi Protokol Kesehatan selama berada di luar ruangan ya. 

Hal berikutnya yang bisa kita lakukan dengan ponsel pintar kita adalah membuat konten-konten hiburan. Selama masa pandemi, hiburan virtual semakin banyak diminati. Dengan terbatasnya kegiatan di luar rumah, konten-konten lucu dan menghibur yang kita lihat melalui ponsel pintar, menjadi salah satu cara untuk meluangkan waktu.

Beberapa tahun terakhir, banyak orang yang pada akhirnya memilih untuk bekerja penuh waktu untuk membuat konten untuk berbagai saluran. Misalnya seperti YouTube, Instagram dan TikTok.

Kita juga bisa melakukannya. Dengan memilih media sosial yang akan kita pakai, kita bisa menggunakan kreativitas dan tentukan topik yang ingin kita bahas, seperti komedi, lifestyle, olahraga, kuliner, komedi dan masih banyak lagi. 

Dengan memanfaatkan ponsel pintar kita, kita bisa menjadi kreator konten. Tentu kita bisa memanfaatkan fitur-fitur untuk membuat konten, mengunggah konten, mengobrol dengan followers, dan mencari inspirasi di internet.

Selain untuk berbisnis, ponsel pintar juga bisa digunakan untuk mengembangkan keahlian dan keterampilan kita. Kita bisa mencari tahu kelas-kelas daring yang kira-kira bisa kita ikuti melalui ponsel pintar. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement