Friday, 21 Muharram 1444 / 19 August 2022

UBSI Berbagi Cara Tetap Kreatif dan Inovatif di Masa Pandemi

Sabtu 14 Aug 2021 20:18 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Dalam rangka pemecahan problematika  pembelajaran, Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar webinar dengan tema Strategi dan Sharing Metode Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19, pada Rabu, (4/8) silam.

Dalam rangka pemecahan problematika pembelajaran, Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar webinar dengan tema Strategi dan Sharing Metode Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19, pada Rabu, (4/8) silam.

Foto: UBSI
Prodi Humas UBSI gelar webinar strategi metode pembelajaran di masa pandemi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka pemecahan problematika  pembelajaran, Program Studi Hubungan Masyarakat Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) menggelar webinar dengan tema “Strategi dan Sharing Metode Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19“, pada Rabu, (4/8) silam. 

Kegiatan ini diikuti oleh 120 dosen ini dipandu oleh Rawit Sartika dengan menghadirkan Pemateri webinar yakni Dr. Fifit Fitriansyah, selaku dosen prodi Hubungan Masyarakat. Menurut Dr Fifit, sejatinya pembelajaran adalah proses yang sengaja dirancang guna memfasilitasi belajar mahasiswa. 

Oleh karena itu, pembelajaran perlu dirancang dengan sangat baik sesuai dengan kebutuhan pembelajarannya, hingga tercapainya tujuan pembelajaran yang optimal. Ia juga menjelaskan, seorang pengajar memiliki ciri khas yang berbeda-beda dalam mengajar. 

Hal ini tentu tidak terlepas dari background pendidikan, wawasan serta latar belakang yang dimiliki. Terlebih pada saat pandemi covid-19 saat ini, sistem pembelajaran menggunakan sistem online. 

"Sebagai seorang pendidik seyogyanya memperhatikan karakteristik peserta didik, dimana keragaman pengalaman, pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki peserta didik menjadi salah satu tercapainya tujuan pembelajaran dengan optimal,” imbuhnya. 

Dr Fifit menambahkan, dosen adalah seorang disainer pembelajaran, maka wajib memahami bagaimana merancang dan mempersiapkan pembelajaran.

“Pembelajaran dalam masa pandemi, bukanlah hal yang mudah dijalani, berbagai permasalahan kerap kali datang tanpa diduga, seperti kendala jaringan, kuota mahasiswa hingga kesiapan perangkat pendukung pembelajaran. Oleh karena itu, sebagai dosen, kita harus cepat tanggap dalam menghadapi permasalahan pembelajaran tersebut,” imbuhnya. 

Sementara itu, menurut Ita Suryani selaku Kaprodi Hubungan Masyarakat menuturkan, kegiatan ini sebagai wadah sharing antara dosen di lingkungan Fakultas Komunikasi dan Bahasa.

“Permasalahan pembelajaran yang saat ini masih dalam kondisi pandemi, dimana pembelajaran dilakukan secara daring. Hal ini tentu saja melahirkan permasalahan baru dalam pembelajaran, oleh sebab itu dengan adanya webinar ini, diharapkan para dosen dapat lebih kreatif dan inovatif dalam proses belajar mengajarnya,”  tuturnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA