Ahad 15 Aug 2021 00:30 WIB

PLN Salurkan 900 Meter Kubik Oksigen Medis per Bulan

Oksigen dari PLN disalurkan di sejumlah rumah sakit di Jakarta

Rep: Intan Pratiwi / Red: Nashih Nashrullah
Oksigen dari PLN disalurkan di sejumlah rumah sakit di Jakarta. Ilustrasi oksigen
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Oksigen dari PLN disalurkan di sejumlah rumah sakit di Jakarta. Ilustrasi oksigen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT PLN (Persero) mulai menyalurkan pasokan oksigen medis hasil olah produksi dari Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Muara Karang ke berbagai rumah sakit di Jakarta. 

Aksi PLN Peduli ini merupakan tindak lanjut Kunjungan Kerja Menteri BUMN Erick Thohir saat meninjau Fasilitas Produksi Oksigen tersebut pada Kamis (12/8). 

Baca Juga

Melalui PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya), aksi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ini telah menjangkau Rumah Sakit Islam Cempaka Putih dan RSUD Pasar Minggu. 

Pada tahap awal, masing-masing rumah sakit secara simbolis menerima 10 tabung oksigen berukuran 1 m³. Selanjutnya, mulai 16 Agustus 2021, PLN akan melayani antar jemput tabung oksigen dari rumah sakit untuk proses isi ulang di PLTGU Muara Karang. 

General Manager PLN UID Jaya, Doddy Pangaribuan, mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti dukungan dengan mendistribusikan lagi 30 meter kubik (m³) oksigen medis ke dua rumah sakit tersebut. 

"Sesuai arahan Menteri BUMN, kami siap bersama-sama bersinergi menghadapi  pandemi Covid-19 ini di mana salah satu upayanya yaitu dengan pendistribusian oksigen dari pembangkit ke rumah sakit rujukan pasien Covid-19," kata Doddy.

Doddy menjelaskan oksigen medis yang diproduksi nantinya dimasukkan ke dalam tabung-tabung oksigen berukuran 1m³-6m³ oleh PLN. Selanjutnya tabung siap pakai tersebut akan langsung disalurkan untuk menangani pasien Covid-19 di rumah sakit.

Sebelumnya, dalam kunjungan Menteri BUMN, Erick Thohir bersama Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini ke PLTGU Muara Karang, telah diserahkan dukungan tabung oksigen yang diapresiasi pihak rumah sakit.

"Kita alami sebulan yang lalu kondisi di mana demand sangat meningkat sementara suplai mengalami disrupsi. Oleh karena itu, bantuan inovasi dari insan PLN sangat membantu dan sangat kami apresiasi," ungkap dr Pradono, Direktur Utama RS Islam Cempaka Putih.

Perwakilan rumah sakit menyambut baik inovasi PLN yang dari proses pembangkitan listriknya, dapat menghasilkan oksigen medis yang sangat dibutuhkan Rumah Sakit sebagai garda terdepan penanganan pasien Covid-19. 

"Ini merupakan hal baru ya. Tadi seperti disampaikan Pak Erick (Menteri BUMN) juga, ini suatu terobosan baru, kami sangat appreciate. Ternyata kita bahu membahu dalam pandemi ini untuk Indonesia sehat," kata Direktur Keuangan dan Umum RSUD Pasar Minggu, drg. Yeni Restitusi, MPH. 

Inovasi PLN berhasil mengolah oksigen pada sistem pendinginan PLTGU Muara Karang yang dilepas ke udara bebas, menjadi oksigen medis. Inovasi insan PLN ini pun melalui proses uji yang menantang hingga akhirnya mendapat sertifikasi medis dari Kementerian Kesehatan.

PLN selanjutnya akan mendukung pasokan oksigen di rumah sakit yang menangani pasien Covid-19 dari hulu sampai ke hilir. Mulai dari produksi, penempatan ke tabung oksigen, sampai antar jemput ke rumah sakit. Hal ini merupakan wujud kolaborasi PLN untuk bersama menghadapi pandemi dengan kemampuan dan inovasi yang dimiliki.

Antar jemput oksigen medis ini nantinya akan dilakukan sepanjang tiga bulan ke depan, untuk selanjutnya dievaluasi keberlangsungannya. PLN UID Jaya berharap, dukungan ini bermanfaat bagi upaya penanganan pandemi di Jakarta. "Harapannya pasti pandemi ini segera berakhir dan Indonesia kembali sehat," kata Doddy.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement