Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Saturday, 10 Rabiul Awwal 1443 / 16 October 2021

Tips Menarik Konsumen Menggunakan Search Engine

Selasa 14 Sep 2021 08:10 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Cara Menarik Konsumen Menggunakan Search Engine (Foto: Unsplash/Nathana Rebouças)

Cara Menarik Konsumen Menggunakan Search Engine (Foto: Unsplash/Nathana Rebouças)

Jangan anggap remeh mesin pencarian terutama Google

Apakah Anda mencari cara untuk menarik pelanggan baru? Misalnya seperti ini, pernahkah Anda pergi mengunjungi restoran baru hanya untuk makan di sana dan rela menunggu dalam antrean beberapa saat untuk mencoba makanan mereka? Bahkan, ketika ada pilihan lain di daerah tersebut? Jika demikian, kemungkinan besar restoran tersebut menawarkan jenis masakan baru yang ada di lingkungan sekitar dan sesuai dengan selera Anda. Kemungkinan lainnya, restoran tersebut juga memiliki suasana yang nyaman.

Ada kemungkinan bahwa pemilik dan koki memiliki pemahaman yang baik tentang makanan dan pengalaman apa yang diinginkan oleh lingkungan sekitar. Menjadi selaras dengan pelanggan membantu restoran untuk meracik masakan yang dapat membuat banyak orang datang. Oleh karena itu, pengalaman pengguna yang hebat bisa menghasilkan ulasan online yang luar biasa dan bisnis Anda dapat terus berkembang. Singkatnya, begitulah cara kerja Search Engine Marketing (SEM) yang efektif. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menarik konsumen menggunakan search engine.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan DuckDuckGo Search Engine

Buat konten yang sesuai dengan kaidah SEO

Tidak ada yang dapat bekerja lebih maksimal daripada sebuah konten yang ditulis dengan baik, orisinal, dan sesuai dengan Search Engine Optimization bagi para pembaca Anda. Tulis konten yang juga dapat dimengerti oleh search engine. Pada intinya adalah membuat konten berdasarkan rangkaian kata kunci yang sering dicari orang.

Akan tetapi, ini tidak mudah untuk membuat konten yang sesuai dengan SEO karena mencakup banyak langkah, seperti penelitian kata kunci, membuat konten yang berkaitan dengan kata kunci teratas Anda, dan melakukan promosi konten.

Penelitian kata kunci adalah proses yang sangat penting untuk mengoptimalkan SEO karena dapat menunjukkan kepada Anda kueri yang paling banyak ditelusuri dan yang banyak digunakan pengguna di Google. Setiap kali Anda membuat artikel atau salinan yang menarik untuk situs web, Anda harus selalu mencari tahu kata kunci yang paling sering digunakan untuk topik tersebut. Jangan hanya menggunakan kata kunci pendek, tetapi juga gunakan long-tail keywords yang dapat bermanfaat untuk meningkatkan peringkat pencarian Anda dan membantu pengguna untuk menemukan Anda.

Kembangkan tautan yang berkualitas

Google selalu mengutamakan website dengan link yang berkualitas dan tidak menyukai link yang tidak wajar. Cobalah untuk mendorong pengguna, teman, klien, mitra, dan blogger Anda untuk memberikan tautan ke situs Anda. Makin banyak tautan masuk berkualitas yang Anda dapatkan, akan makin tinggi peringkat situs yang akan Anda miliki.

Hindari membeli backlink demi mendapatkan hasil peringkat teratas di Google karena Anda bisa mendapat penalti dari Google dan berdampak negatif pada posisi situs web dalam pencarian. Mendapatkan backlink secara alami dapat memperoleh lebih banyak reafik organik.

Ada banyak cara efektif untuk mendapatkan tautan berkualitas ke situs web Anda, antara lain:

1. Guest posting. Jangkau situs web yang relevan di niche Anda dan sarankan konten berkualitas kepada mereka. Anda dapat menyertakan beberapa tautan saja ke situs atau produk Anda tanpa sedikit pun melakukan promosi diri.

2. Bangun presensi media sosial yang kuat. Dapatkan lebih banyak pengikut dengan membagikan konten yang relevan dan berkualitas, serta lakukan interaksi dengan pembaca Anda secara konsisten. Perbarui profil media sosial Anda dengan gambar dan foto sampul yang dirancang secara profesional.

3. Temukan influencer di niche Anda. Cari tahu siapa influencer di niche Anda dan apa yang mereka sukai, buat konten berkualitas yang relevan dengan minat mereka (studi kasus, infografis, interview, dan lainnya), kemudian dekati orang-orang paling berpengaruh di niche Anda dengan materi ini.

4. Berikan penawaran. Konsume lebih menyukai diskon yang berbeda dan hadiah yang menarik, dan sebagai gantinya Anda dapat meminta sedikit bantuan kepada mereka, yaitu tautan ke situs Anda.

5. Komentar di forum dan blog yang relevan. Buat daftar forum dan blog yang berkaitan dengan niche Anda, tambahkan ide dan komentar Anda ke forum diskusi. Cobalah untuk menulis komentar yang bermanfaat atau buat topik yang menarik sambil memberikan tautan ke situs Anda agar orang-orang dapat mengunjungi platform Anda.

Sesuaikan dengan segmen konsumen Anda

Temukan apa tantangan pelanggan Anda melalui interview, survei, dan penelitian. Ketahui kesukaan dan ketidaksukaan mereka. Ini dilakukan dengan membuat persona pembeli untuk influencer dan pengambil keputusan ideal Anda. Kemudian, lakukan penelitian kata kunci di search engine untuk menemukan long-tail keyword terbaik yang dicari oleh orang-orang tersebut di search engine seperti Google, Bing, dan Yahoo.

Baca Juga: Alasan Mengapa Search Engine Google Lebih Populer Dibandingkan Yahoo!

Buatlah konten-konten yang menarik dan edukatif

Buat konten berkualitas seperti artikel blog, eBook, video, report, kemudian beri bagian ulasan dan komentar. Bantu pengunjung situs web Anda dalam memecahkan masalah mereka sambil memosisikan brand Anda sebagai sumber daya yang berharga. Jadilah relevan, peka terhadap waktu, dan jadilah bermanfaat bagi para konsumen.

Tingkatkan pengalaman pengguna

Konten yang berkualitas tidaklah cukup bagi para pelanggan baru Anda. Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana mereka bisa merasakan konten yang luar biasa dengan desain, gambar, dan minim gangguan di situs web atau bagian pada blog Anda.

Bersikap ramah kepada pengunjung web

Buat serangkaian sambutan untuk mengarahkan pelanggan baru Anda agar segera bertindak. Sambutan ini meliputi: bagian messaging, ajakan untuk bertindak (CTA), landing pages, halaman terima kasih, halaman situs web, obrolan bantuan, email, dan masih banyak lagi.

Memublikasikan konten yang telah dioptimalkan bagi search engine di situs web Anda adalah kuncinya, dan membagikan konten Anda di seluruh saluran yang sudah ditargetkan akan membantu Anda untuk mendapatkan lebih banyak daya tarik dari konsumen. Maka yang terpenting adalah menjaga konten tersebut tetap dioptimalkan sesuai dengan search engine sehingga calon pelanggan dapat dengan mudah menemukannya saat sedang mencarinya.

Membuat Search Engine Marketing (SEM) dan content marketing yang tepat sangat penting untuk menarik konsumen. Ini dapat menawarkan cara terbaik untuk menjaga pemasaran Anda tetap berfokus pada pelanggan sehingga Anda dapat membuat konten terbaik untuk menarik banyak pelanggan baru.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA