Sabtu 14 Aug 2021 09:10 WIB

AS Tegaskan Dukungan Pada Lithuania Dalam Hadapi China

Pekan ini China meminta Lithuania untuk menarik duta besarnya dari Beijing.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nidia Zuraya
Bendera Lithuania. Amerika Serikat (AS) mendukung Lithuania dalam menghadapi tekanan dari China.
Foto: lithuaniaflag
Bendera Lithuania. Amerika Serikat (AS) mendukung Lithuania dalam menghadapi tekanan dari China.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Deputi Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Wendy Sherman berbicara dengan Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis. Sherman menegaskan dukungan AS pada Lithuania dalam menghadapi tekanan dari China.

Beijing menekan Vilnius atas keputusan mereka membangun hubungan dengan Taiwan. Dalam pernyataannya Sabtu (14/8) Kementerian Luar Negeri AS mengatakan Sherman mengatakan AS tegas pada solidaritasnya pada Lithuania atas 'perilaku koersif' China terhadap Vilnius. Lithuania adalah negara anggota  NATO dan Uni Eropa.

Dua diplomat itu juga membahas situasi politik di Belarusia serta menegaskan dukungan mereka pada gerakan pro-demokrasi di negara itu. Mereka meminta Presiden Belarusia Alexander Lukashenko untuk segara menghentikan arus imigran gelap melalui perbatasannya.

Pekan ini China meminta Lithuania untuk menarik duta besarnya dari Beijing. Mereka juga mengatakan akan memanggil utusan China dari Vilnius karena negara Baltik it memutuskan membuka kedutaan besar de facto di Taiwan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement