Monday, 7 Rabiul Awwal 1444 / 03 October 2022

Wagub: Jakarta Zona Hijau Penurunan Level PPKM Tunggu Pusat

Jumat 13 Aug 2021 21:23 WIB

Rep: Febryan. A/ Red: Bayu Hermawan

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria

Foto: GALIH PRADIPTA/ANTARA
Wagub DKI Jakarta menyatakan wilayah Jakarta sudah zona hijau Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengklaim Jakarta sudah berstatus zona hijau penularan Covid-19. Riza mengatakan, terkait penurunan PPKM dari level 4 ke level 3, hal tersebut menunggu keputusan dari pemerintah pusat.

"Nanti kita tunggu keputusan pemerintah pusat. Sekarang pemerintah masih memutuskan Jakarta masih di Level 4. Nanti kita tunggu," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat (13/8) malam. 

Baca Juga

Riza menerangkan, Jakarta keluar dari zona merah ditandai dengan hanya tersisa tujuh wilayah rukun tetangga (RT) yang berstatus zona merah. Sebanyak 349 RT lainya zona oranye. Lalu, 24.011 RT sisanya sudah berstatus zona hijau. "Jadi Jakarta sudah masuk zona hijau. Terimakasih," ujarnya. 

Mengutip Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 24 Tahun 2021, sedikitnya terdapat empat perbedaan aturan yang signifikan antara PPKM Level 3 dan 4. Pada level 3, rumah makan bisa melayani pelanggan selama 30 menit dengan kapasitas 25 persen. Pada level 4 hanya 20 menit dengan pengunjung maksimal tiga orang.  

Pada Level 4 mal dilarang beroperasi, sedangkan pada Level 3 diperbolehkan dengan kapasitas 25 persen. Pada level 3, tempat ibadah diperbolehkan kembali menerima jamaah kapasitas 25 persen. Selain itu, resepsi pernikahan dibolehkan dengan kapasitas 20 undangan.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA