Jumat 13 Aug 2021 16:16 WIB

Partai Pembuka Bundesliga; Ujian Sulit untuk Muenchen

Muenchen akan menghadapi Gladbach dini hari nanti WIB.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten Bayern Manuel Neuer.
Foto: EPA-EFE/LUKAS BARTH-TUTTAS
Kapten Bayern Manuel Neuer.

REPUBLIKA.CO.ID, MONCHENGLADBACH -- Tirai Bundesliga musim 2021/2022 bakal resmi dibuka di kandang Borussia Moenchgladbach, Stadion Borussia Park, Sabtu (14/8) dini hari WIB. Tim tuan rumah dijadwalkan menghadapi juara bertahan Bundesliga, Bayern Muenchen, di laga perdana pada pekan pertama Bundesliga musim 2021/2022.

Berdasarkan tradisi di Liga Jerman, laga pembuka Bundesliga selalu menampilkan peraih gelar juara pada musim sebelumnya. Bayern Muenchen, yang berhasil merengkuh titel juara Bundesliga dalam sembilan musim terakhir, memiliki rekor impresif tiap kali tampil di laga pembuka Bundesliga.

Die Bayern tercatat tidak pernah kalah dalam 19 kesempatan terakhir tampil di laga perdana Bundesliga, dengan torehan 15 kemenangan dan 4 hasil imbang. Namun, berbeda dari musim-musim sebelumnya, pada musim ini, Muenchen akan tampil sebagai tim tamu di laga pembuka Bundesliga. 

Kendati hanya mampu finish di peringkat kedelapan pada musim lalu, Gladbach terbukti selalu mampu menyulitkan Die Bayern, terutama saat tampil di Stadion Borussia Park. Die Bayern tercatat hanya mampu memetik dua kemenangan dalam enam lawatan terakhir ke kandang Die Fohlen, julukan Gladbach. 

Bahkan, di dua lawatan terakhir ke markas Gladbach, Muenchen selalu pulang dengan membawa catatan kekalahan. Secara keseluruhan, dari 106 pertemuan dengan Gladbach di pentas Bundesliga, Muenchen mengemas 26 kekalahan. 

Bersama Werder Bremen, Die Fohlen menjadi tim yang paling sering mengalahkan Muenchen di kancah Liga Jerman. Catatan itu menunjukan Gladbach tidak merasa inferior saat menghadapi klub tersukses di Jerman tersebut. Namun, tantangan buat Muenchen di laga pembuka musim ini tidak berhenti sampai disitu. 

Die Bayern, yang dinilai tengah memasuki era baru dengan kehadiran Julian Nagelsmann di kursi pelatih, belum menemukan performa terbaiknya. Di empat laga pra-musim, Muenchen tercatat tidak pernah menang, dengan torehan tiga kekalahan dan satu hasil imbang. Torehan kekalahan ini termasuk saat dibekap Gladbach, 0-2, akhir Juli silam. 

Keraguan terkait kemampuan Nagelsmann untuk bisa membawa Muenchen merengkuh titel Bundesliga ke-10 secara beruntun mulai bermunculan. Pelatih berusia 34 tahun itu mengakui, cukup sulit buat anak-anak asuhnya untuk bisa langsung tancap gas dengan raihan kemenangan di sejumlah laga pembuka Bundesliga. 

''Kami masih membutuhkan waktu dan laga tambahan sebelum memasuki kompetisi. Jadi, bukan tidak mungkin, perjalanan kami akan sepenuhnya mulus pada awal-awal musim ini,'' tutur pengganti Hansi Flick tersebut seperti dilansir laman resmi klub. 

Kendati begitu, eks pelatih RB Leipzig itu menegaskan, kehadiran sejumlah pemain senior, yang kembali dari liburan pasca tampil di Euro 2020, akan mendongkrak performa Die Bayern di laga pembuka. Robert Lewandowksi, Joshua Kimmich, dan Manuel Neuer, memang dilaporkan telah bergabung dalam sesi latihan Die Bayern pada awal pekan ini. Pun dengan sejumlah pemain yang mulai pulih dari cedera, seperti Alphonso Davies dan Kingsley Coman. 

''Sejumlah pemain senior sudah tampil di laga pra-musim terakhir (kontra Napoli). Tiga pemain lagi telah datang, Akhirnya, kami memiliki kesempatan untuk berlatih bersama untuk pertama kalinya. Secara perlahan, kami akan kembali menemukan performa terbaik kami lagi,'' kata Nagelsmann. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement