Monday, 22 Syawwal 1443 / 23 May 2022

Lippi Nilai Cristiano Ronaldo Belum Jadi Striker Sejati

Jumat 13 Aug 2021 07:31 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo (tengah) mencoba melewati adangan para pemain Barcelona pada pertandingan persahabatan trofi Joan Gamper di Estadio Johan Cruyff, Barcelona, pada Senin (9/8) dini hari WIB

Pemain Juventus Cristiano Ronaldo (tengah) mencoba melewati adangan para pemain Barcelona pada pertandingan persahabatan trofi Joan Gamper di Estadio Johan Cruyff, Barcelona, pada Senin (9/8) dini hari WIB

Foto: EPA
Ronaldo perlu menciptakan peluang dan assist bagi rekan satu timnya di Juventus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pelatih Juventus Marcello Lippi percaya meskipun Cristiano Ronaldo melakukan eksploitasi di depan gawang, pemenang Ballon d'Or lima kali itu perlu menciptakan peluang bagi rekan satu timnya. Ini jika Ronaldo mau dianggap sebagai penyerang tengah sejati.

Berbicara kepada Gazzetta dello Sport via Juvefc.com, dikutip dari Sportskeeda, Jumat (13/8), Lippi yakin Cristiano Ronaldo membutuhkan nomor sembilan yang tepat untuk berkembang sebagai penyerang seperti Karim Benzema di Real Madrid.

"Ronaldo adalah pencetak gol terkuat di dunia. Tapi dia tidak pernah menjadi penyerang tengah sejati, dia selalu membutuhkan tipe 9 seperti Benzema, tetapi Juve tidak memiliki nomor 9 ini," kata Lippi.

Lippi berpikir pelatih baru Juve Massimiliano Allegri akan memainkan dua penyerang untuk mendukung Cristiano Ronaldo dan mendapatkan yang terbaik dari superstar berusia 36 tahun itu.

"Saya membayangkan Allegri akan membuatnya bermain dengan dua striker lain, dalam sistem pemotongan, tumpang tindih, dan perubahan posisi yang tidak akan memberikan poin referensi ke pertahanan," jelas Lippi.

Meskipun Ronaldo mencetak banyak gol dalam satu musim, jumlah assistnya selalu lebih sedikit. Musim lalu, penyerang berusia 36 tahun itu mencetak 29 gol di Serie A Liga Italia. Namun, Ronaldo hanya berhasil mencatatkan dua assist atas namanya.

Para penggemar Juventus tidak akan keberatan dengan jumlah assist Ronaldo jika terus mencetak gol untuk membantu Bianconeri mendapatkan kembali mahkota Serie A yang hilang.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA