Tuesday, 16 Syawwal 1443 / 17 May 2022

Kopkar UMY Menjadi Koperasi Konsumen Terbaik DIY

Jumat 13 Aug 2021 07:21 WIB

Rep: wahyu suryana/ Red: Hiru Muhammad

Kampus UMY.

Kampus UMY.

Foto: Wahyu Suryana.
Kopkar UMY saat ini sedang bertransformasi memurnikan transaksi ke syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL--Dinas Koperasi dan UKM DIY menobatkan Koperasi Karyawan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta sebagai koperasi berprestasi di Daerah istimewa Yogyakarta (DIY) peringkat pertama 2021. Kopkar UMY mendapatkan penghargaan itu dari indikator jenis koperasi konsumen.

Ketua Kopkar UMY, Ahmad Ma’ruf mengatakan, penghargaan yang diberikan ini jadi bentuk apresiasi kinerja organisasi, termasuk di dalamnya bisnis koperasi. Ia mengucapkan terima kasih kepada Dinas Koperasi dan UKM DIY atas penghargaan ini.

Ia berpendapat, penghargaan ini memberi tantangan baru. Karenanya, Ma'ruf menekankan, mereka akan berusaha membangun sistem dan tata kelola yang baik, dan memperbaiki performa bisnis, yang tentu tidak mudah apalagi selama pandemi.

"Misal, kita punya unit toko, keuntungan didapat dari transaksi yang dilakukan anggota karyawan, dosen, maupun non-anggota seperti mahasiswa. Mereka biasanya belanja banyak, sementara sekarang masih ada pemberlakuan penutupan kampus," kata Ma'ruf, Kamis (12/8).

Kemudian, unit bisnis lain mendapat perhatian untuk bisa ditingkatkan lagi performanya seperti simpan pinjam. Walau masih memakai pendekatan konvensional,  Kopkar UMY saat ini sedang bertransformasi memurnikan transaksi ke syariah.

Selain itu, Kopkar UMY akan mencoba  melakukan regenerasi dari segi sumber daya manusia karena kelemahan yang kerap kali terjadi dalam koperasi merupakan krisis SDM. Padahal mereka inti dari koperasi dan SDM harus memiliki ideologi koperasi."Itu membutuhkan proses yang panjang. Semua organisasi kopkar, pengurus karyawan dan anggota diharapkan dapat semakin antusias dalam menjalankan koperasi," ujar dosen Prodi Ekonomi UMY tersebut. 

 

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA