Jumat 13 Aug 2021 00:05 WIB

Tak Hanya Tubuh, Kopi Juga Menyehatkan Rambut

Kopi baik untuk kesehatan rambut dengan memijatnya di kepala.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Kopi baik untuk kesehatan rambut dengan memijatnya di kepala.
Foto: Pix4free
Kopi baik untuk kesehatan rambut dengan memijatnya di kepala.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bagi Anda pecinta kopi, ada kabar terbaru yang menyenangkan dan menambah daftar alasan mengapa minuman ini baik untuk terus dikonsumsi.  Dalam laporan studi dari Johns Hopkins Medicine, disebutkan bahwa minum kopi dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung, hati, dan otak. Ini juga menurukan risiko stroke dan kanker.

Namun, tak sampai di sana, masih ada keuntungan lainnya dari konsumsi kopi. Dilansir Health Digest, Kamis (12/8), kopi ternyata baik untuk kesehatan rambut, dengan memijatnya ke bagian kulit kepala.

Baca Juga

Sebuah studi yang dilakukan baru-baru ini dan diterbitkan dalam International Journal of Dermatology menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, baik bagi laku-laki dan perempuan dengan merangsang folikel rambut, serta meningkatkan aliran darah ke folikel tersebut. Ini kemudian mempercepat pertumbuhan rambut dan membuat rambut lebih kuat, meski penelitian lebih lanjut masih diperlukan di bidang ini karena sifatnya yang masih terbatas.

Selain itu, sejumlah manfaat kopi bagi rambut adalah membuatnya lebih berkilau. Kopi mengandung flavonoid, jenis antioksidan yang mendukung peremajaan rambut dan dapat meningkatkan kilau alami.

Dengan membilas rambut menggunakan kopi, ini dapat membantu menghaluskan rambut yang kusut dan menambah retensi kelembapan. Ini seperti halnya manfaat membilas rambut menggunakan teh hitam yang terlebih dahulu diketahui manfaatnya bagi kesehatan mahkota manusia tersebut.

Seorang penata rambut dari agencia mode Honey Artist, Nate Rosenkranz mengatakan bahwa membilas rambut dengan kopi dapat memberi manfaat siginifikan, karena secara umum kopi memiliki pH lebih rendah dari air. Dengan demikian, ini membantu meratakan kutikula, yang berarti membuat setiap helai rambut lebih bersinar.

“Kutikula yang lebih rata berarti menambah kilau dan cahaya pada rambut,” ujar Rosenkranz.

Selain membuat rambut berkilau dan bercahaya, membilas rambut dengan menggunakan kopi dapat membantu mengatasi rambut beruban. Meski tidak sepenuhnya mewarnai heli rambut abu-abu, tapi sementara rambut akan lebih gelap.

Bagi Anda yang ingin mencoba untuk menggelapkan rambut yang beruban, jenis kopi yang discbut paling baik digunakan adalah espresso. Ini memiliki warna paling gelap dan dapat berfungsi memberi warna semi permanen pada rambut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement