Kamis 12 Aug 2021 20:28 WIB

Wapres Dorong Kerja Sama Ekosistem UMKM Berkesinambungan

Pengembangan potensi UMKM dapat dilakukan dengan mempercepat digitalisasi.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Fuji Pratiwi
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Wapres mendorong kerja sama semua pihak untuk menciptakan ekosistem UMKM yang berkesinambungan.
Foto: Dok. KIP/Setwapres
Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin. Wapres mendorong kerja sama semua pihak untuk menciptakan ekosistem UMKM yang berkesinambungan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mendorong kerja sama semua pihak untuk menciptakan ekosistem UMKM yang berkesinambungan. Ekosistem UMKM ini penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya di masa pandemi Covid-19.

Karena itu, Wapres mengapresiasi berbagai kegiatan yang mendukung pendampingan dan pembinaan kepada pelaku UMKM. "Kegiatan ini harus menjadi jembatan bagi pemerintah dan pelaku UMKM serta pemangku lainnya untuk menciptakan pengembangan ekosistem UMKM yang berkesinambungan," kata Wapres di acara Peringatan Hari UMKM Nasional Tahun 2021 yang digelar secara virtual, Kamis (12/8).

Baca Juga

Wapres mengungkap, data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pada 2020 mencatat, sektor UMKM berkontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen atau senilai lebih dari Rp 8.500 triliun. Selain itu, UMKM juga mampu menyerap 97 persen dari total tenaga kerja dan UMKM mampu menghimpun hingga 60,4 persen.

Ia menilai pengembangan potensi ini dapat dilakukan salah satunya dengan mempercepat digitalisasi UMKM. Karena itu, kata Wapres, digitalisasi juga harus diimbangi dengan peningkatan kapasitas para pelaku usaha dan kebijakan terkait.

Di era disrupsi ini, digitalisasi semakin relevan dan strategis bagi UMKM untuk tetap bertahan dan berperan sebagai penggerak utama pemulihan ekonomi," kata Wapres.

Namun, digitalisasi UMKM ini harus diimbangi dengan dua persyaratan. Yaitu, peningkatan kapasitas SDM pelaku usaha UMKM dan dukungan kebijakan akses pasar bagi produk UMKM.

Wapres pun mengimbau seluruh pihak terkait untuk terus meningkatkan komitmen memberikan pendampingan dan pembinaan kepada pelaku UMKM. Ia juga berharap UMKM agar terus menghasilkan produk-produk yang berkualitas tinggi dan memiliki pangsa pasar yang luas.

"Pendampingan dan pengembangan UMKM khususnya UMKM potensial ekspor yang didukung dengan fasilitas kemudahan pembiayaan dan kolaborasi dengan usaha besar," kata Wapres.

Selain itu, Kiai Ma'ruf juga mendorong kepada seluruh jajaran pembina UMKM agar dapat memaksimalkan penggunaan fasilitas ini sehingga UMKM Indonesia dapat terus maju dan berkembang.

"Saya juga mendorong dinas-dinas yang membidangi Koperasi dan UKM provinsi, kabupaten dan kota seluruh lndonesia untuk dapat memanfaatkan fasilitas yang disiapkan Kementerian Koperasi dan UKM ini dalam membantu pelaku UMKM mengembangkan usahanya," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement