Kamis 12 Aug 2021 20:03 WIB

Megawati: Persahabatan Bung Karno dan Bung Hatta Abadi

Megawati mengatakan Bung Hatta adalah sahabat sejati Bung Karno.

Pembacaan teks proklamasi oleh Bung Karno dan Bung Hatta.
Foto: google.com
Pembacaan teks proklamasi oleh Bung Karno dan Bung Hatta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, menceritakan persahabatan antara Presiden Pertama RI Soekarno dan Wapres Pertama RI Mohammad Hatta. Megawati mengatakan persahabatan antara dua Proklamator RI itu abadi selama Indonesia berdiri.

Megawati menceritakan hubungan dua keluarga proklamator RI itu sangatlah dekat. Banyak yang menyebut bahwa hubungan keduanya, di akhir-akhir, banyak perbedaan. Hingga Hatta mundur diri sebagai wakil presiden.

Baca Juga

"Bung Karno tak pernah memiliki wakil setelah Bung Hatta mundur. Tapi coba pikir, kenapa setelah itu bapak saya tak mau ada wakil presiden lagi? Karena dia tak mau ada wakil lagi. Tetapi cuma Pak Hatta. Itu persahabatan sejati," jelas putri Bung Karno ini dalam webinar peringatan HUT ke-119 Mohammad Hatta yang digelar Badan Nasional Kebudayaan Pusat (BKNP) PDIP, secara virtual melalui akun youtube resmi @bknp pdiperjuangan, Kamis (12/8).

Megawati juga bercerita, persahabatan keduanya tetap erat, ketika sang ayah Soekarno menjadi tahanan oleh rezim Orde Baru, tanpa selembar kertas berisi status itu, keluarganya hendak menggelar pernikahan. Yakni kakak Megawati, Guntur Soekarnoputra, yang hendak menikahi seorang Mojang Priangan.

"Bayangkan ayah saya tak bisa hadir akibat peristiwa politik saat itu, meski tidak ada secarik kertas pun yang memberi status hukum bagaimana Bung Karno dikenakan tahanan rumah. Akhirnya ibu saya minta ke Pak Hatta dan Tante Rahmi mewakili, bisa tidak Pak Hatta mewakili keluarga Bung Karno? Spontan Pak Hatta bilang oke, kalian kan anak saya juga. Itu satu keindahan tersendiri," kata Megawati.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement