Kamis 12 Aug 2021 15:18 WIB

Road Trip, Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini

Pelancong perlu memahami medan dan area yang akan dituju.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti
Jangan lupa membawa perlengkapan ini saat road trip (ilustrasi).
Foto: Republika
Jangan lupa membawa perlengkapan ini saat road trip (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini, aktivitas wisata memang sedang terhambat aturan pembatasan. Jika nanti kondisi sudah memungkinkan, kegiatan road trip atau pelesiran lewat jalan darat menggunakan mobil diprediksi akan mengemuka.

Pasalnya, opsi itu mengurangi kekhawatiran terhadap pandemi dibandingkan saat berlibur menggunakan moda transportasi lain. Pelancong bisa tetap bertandang ke destinasi tertentu dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Mengingat perjalanan darat yang ditempuh untuk menyusuri sejumlah titik itu memakan waktu yang tak sebentar, tentunya butuh persiapan matang. Pertama, pelancong perlu mempersiapkan kondisi fisik pengendara maupun penumpang.

Selanjutnya, perlu pemahaman medan dan area yang akan dituju, outfit yang digunakan selama perjalanan, juga ketersediaan perlengkapan di mobil. Berikut lima barang yang wajib dibawa, berdasarkan rekomendasi tim EIGER Adventure Service Team (EAST) yang dikutip dari pernyataan resminya, beberapa waktu lalu:

1. Travel bag organizer

Perlengkapan ini memudahkan dalam membawa banyak barang dengan rapi sehingga mudah saat mencarinya. Disarankan untuk memisahkan barang yang dibawa sesuai kebutuhan, bisa per kegiatan atau disusun per hari.

2. Car organizer

Dalam kegiatan road trip, waktu akan habis terpakai di dalam mobil. Agar memudahkan dalam perjalanan, EAST menyarankan agar kondisi mobil ditata serapi mungkin, salah satunya menggunakan car organizer.

3. Masker dan hand sanitizer

Dua perlengkapan ini wajib dibawa karena bagian dari protokol kesehatan. Siapkan sejumlah masker kain dan masker medis untuk pemakaian ganda, sementara hand sanitizer dapat digantungkan di holder pouch supaya mudah saat akan menggunakan.

4. Perlengkapan makan

Cutlery set atau perlengkapan makan multifungsi yang terdiri dari garpu, sendok, pisau, pembuka botol atau kaleng, pembuka sumbat botol, reamer, dan gantungan kunci, amat direkomendasikan. Setiap orang sebaiknya membawa perlengkapan makan pribadi.

5. Botol air minum

Sebagai upaya mengurangi sampah plastik, EAST selalu menyarankan untuk membawa botol air minum pribadi dalam segala jenis kegiatan, termasuk saat road trip. Salah satu opsi unggulan adalah botol air minum yang memiliki fitur double wall vacuum insulated sehingga bisa menjaga minuman agar tetap panas atau dingin selama kurang lebih 12 jam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement