Kamis 12 Aug 2021 14:30 WIB

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyikat Gigi

Pastikan Anda meluangkan setidaknya dua menit untuk menyikat gigi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Kesalahan yang sering dilakukan saat menyikat gigi (ilustrasi).
Foto: wikipedia
Kesalahan yang sering dilakukan saat menyikat gigi (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI — Gigi yang sehat menjadi bagian dari estetika seseorang dan indikator kesehatan secara keseluruhan. Untuk itu, penting menjaga kebersihan mulut yang tepat.

Ada beberapa pedoman yang dikeluarkan oleh para ahli, yang menginformasikan tentang cara tepat menjaga kesehatan mulut. Namun, jarang orang mengikuti saran yang ditawarkan, yang mengakibatkan mereka menderita masalah mulut. Berikut kesalahan yang harus dihindari saat menyikat gigi demi meningkatkan kesehatan mulut, seperti dilansir Times Now News pada Kamis (12/8): 

1. Memilih pasta gigi salah

Ada berbagai pasta gigi yang tersedia di pasaran. Namun, Anda harus memilih pasta gigi tergantung pada kebutuhan. Misalnya, orang yang menderita gigi sensitif harus menggunakan pasta gigi yang memperbaiki sensitivitas. Untuk mendapatkan wawasan yang lebih baik tentang kesehatan mulut, konsultasikan dengan dokter gigi.

2. Tidak membersihkan lidah

Lidah adalah bagian dari kesehatan mulut dan harus dijaga. Permukaan lidah sering mengandung bakteri yang dapat menyebabkan bau ngengat yang tidak sedap jika dibiarkan. Karena itu, pastikan membersihkan lidah saat menyikat gigi.

3. Memilih sikat gigi yang keliru

Memilih sikat gigi yang terlalu keras dapat membawa lebih banyak kerugian dibandingkan manfaat karena dapat menyebabkan sakit gigi dan gusi memar atau berdarah. Pilih sikat berbulu lembut dan fleksibel dengan kepala kecil sehingga dapat menjangkau bagian-bagian yang sulit di mulut, dan membantu membersihkan partikel makanan.

4. Terburu-buru

Hal-hal baik membutuhkan waktu, begitu juga menyingkirkan bakteri di mulut. Pastikan Anda meluangkan setidaknya dua menit untuk menyikat gigi agar tidak meninggalkan kotoran di gigi.

5. Berpikir hanya sekali sikat gigi sudah cukup

Ternyata yang benar tidak demikian. Anda disarankan untuk menyikat, setidaknya dua kali setiap hari. Membiarkan gigi kotor sepanjang hari hanya menyebabkan bakteri menumpuk di mulut. Hal bijaksana untuk dilakukan adalah menyikat dan membuangnya.

Apakah Anda sudah mengetahui cara menyikat gigi yang benar? Jika belum, inilah saatnya untuk mengetahuinya dan mempraktikkan dalam keseharian Anda:

1. Pegang sikat Anda pada sudut 45 derajat.

2. Mulailah dengan permukaan luar gigi, naik turun dan bersihkan secara menyeluruh.

3. Lanjutkan untuk membersihkan permukaan bagian dalam gigi Anda. Naik dan turun dan pastikan Anda tidak melewatkan satu titik pun.

4. Jaga permukaan kunyah gigi Anda secara terpisah.

5. Pastikan Anda membersihkan bagian belakang.

6. Jangan lupa untuk membersihkan lidah dan gusi Anda.

7. Berkumur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement