Kamis 12 Aug 2021 13:05 WIB

Unhan dan PII Gelar Bedah Buku Kepemimpinan Strategis

Desain kaderisasi nasional harus mendorong solusi kepemimpinan.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Foto: istimewa
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Kepemimpinan strategis harus mengakar ke grass root, memahami bahasa grass root dan aspirasi grass rooot. Tapi pada saat sama mampu lakukan agregasi untuk melakukan disain masa depan bangsa. Untuk dibangun kaderisasi kepemimpinan kebangsaan secara sistemik. 

Demikian pesan dan pandangan Megawati Soekarnoputri yang disampaikan mahasiswa program doktoral Ilmu Pertahanan, Unhan yang juga Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto saat menjadi pembicara dalam bedah buku Kepemimpinan Srategik (model dan implementasi) di Jakarta, Kamis, (12/8). 

Baca Juga

"Desain kaderisasi nasional tersebut juga harus mendorong agar solusi kepemimpinan yang diambil agar tepat sasaran bagi arah masa depan bangsa," kata Hasto mengutip pesan Megawati. 

Pada bagian lain, Hasto mengutip pernyataan Megawati terkait masih adanya hambatan utama saat ini karena masih sering terjebak ego sektoral. 

"Setiap kementerian atau lembaga negara terkesan mencoba menampilkan kewenangannnya sehingga ditinjau dari kepemimpinan strategik untuk membangun kolektivitas menjadi terhambat karena egosektoral. Ini harus diatasi," kata Hasto. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement