Kamis 12 Aug 2021 06:46 WIB

Turki Bantu Restorasi Masjid Bosnia Berusia 5 Abad

Masjid Zupa di selatan Bosnia-Herzegovina adalah salah satu masjid tertua di Trebinje

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Gita Amanda
ilustrasi masjid. Union of Turkish World Municipality (TDBB) akan mendukung perbaikan Masjid Zupa yang dibangun pada paruh pertama abad ke-16 di kota Trebinje, Bosnia-Herzegovina.
Foto: Republika.co.id
ilustrasi masjid. Union of Turkish World Municipality (TDBB) akan mendukung perbaikan Masjid Zupa yang dibangun pada paruh pertama abad ke-16 di kota Trebinje, Bosnia-Herzegovina.

IHRAM.CO.ID, TREBINJE -- Union of Turkish World Municipality (TDBB) akan mendukung perbaikan Masjid Zupa yang dibangun pada paruh pertama abad ke-16 di kota Trebinje, Bosnia-Herzegovina. Masjid yang bertahan selama lima abad, dipindahkan dari tempat dibangun ke tempat lain, dihancurkan, dan diperbaiki berkali-kali di masa lalu. Bangunan bersejarah itu menunggu untuk diperbaiki kembali.

Imam Kepala Dewan Persatuan Islam Trebinje, Sadık Fazlagic, mengatakan kepada Anadolu Agency, Masjid Zupa yang terletak di titik terjauh selatan Bosnia-Herzegovina adalah salah satu masjid tertua di Trebinje.

Baca Juga

Mengingat masjid yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Ottoman Ahmed I (1603-1617) itu mengalami kerusakan berkali-kali, Fazlagic menyebut strukturnya selalu diperbaiki dengan dukungan masyarakatnya. Pada pertengahan abad ke-19, masjid dipindahkan ke lokasi saat ini.

“Menara masjid menghalangi jalur kereta api yang rencananya akan dibangun di wilayah ini. Oleh karena itu, dipindahkan ke lokasi saat ini,” kata Fazlagic, dikutip Daily Sabah, Kamis (12/8).

Pada tahun 1993, masjid dihancurkan dalam serangan terakhir pasukan Serbia selama Perang Bosnia. Setelah itu, masjid diperbaiki dan dibuka pada 25 Juli 2010. “Sejak itu, suara adzan, takbir, dan salawat terdengar yang menggema dari menara masjid ini,” ujar dia.

Atap masjid perlu perbaikan terakhir. Majelis Persatuan Islam Trebinje da komunitas Zupa mulai kampanye bantuan untuk perbaikan atap yang bocor. Atas permintaan Dewan Persatuan Islam Trebinje di kemudian hari, diputuskan restorasi atap Masjid Zupa akan dilakukan bekerja sama dengan TDBB dan Kota Karatay Konya selama pertemuan dewan TDBB pada bulan Juli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement