Kamis 12 Aug 2021 06:09 WIB

Khasiat Surat Yasin yang Diungkap Rasulullah SAW ke Ali

Rasulullah SAW menyebutkan keutamaan surat Yasin ke Ali bin Abi Thalib

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Rasulullah SAW menyebutkan keutamaan surat Yasin ke Ali bin Abi Thalib. Infografis Keutamaan Surat Yasin
Foto: Infografis Republika
Rasulullah SAW menyebutkan keutamaan surat Yasin ke Ali bin Abi Thalib. Infografis Keutamaan Surat Yasin

REPUBLIKA.CO.ID, — Surat Yasin tergolong ke dalam surat-surat Makkiyah. Surat ke-38 ini memiliki 83 ayat. Pada ayat pertama surat di wali dengan bacaan Yaa Sin. 

Ayat pertama ini memiliki arti yang tersembunyi. Para mufasir mempunyai beragam pndangan dalam melihat makna ayat tersebut. Salah satunya disebutkan bahwa Yasin merupakan nama julukan Rasulullah SAW.  

Baca Juga

Pada surat Yasin ini terdapat banyak sekali keutamannya. Salah satunya disebutkan Rasulullah dalam wasiatnya kepada sahabat Ali bin Abi Thalib RA yang dapat ditemukan dalam kitab Washiyat al-Musthafa yang disusun Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi'i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal sebagai Imam Asy Syaran. Rasulullah menjelaskan bahwa orang yang membaca yasin akan memperoleh penjagaan dari Allah SWT. 

يَا عَلِيُّ، عَلَيْكَ بِسُوْرَةِ يس صَبَاحًا وَمَسَاءً فَإِنَّ مَنْ قَرَأَهَا كَذَلِكَ كَانَ فِيْ أَمَانِ اللهِ تَعَالَى “Wahai Ali, hendaknya engkau membaca surat Yasin pada waktu pagi dan sore. Karena sesungguhnya orang yang membaca surat Yasin di pagi dan sore hari itu, akan berada dalam penjagaan Allah SWT.”   

 

Baca juga : Berburu Pengemplang Bansos

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement