Rabu 11 Aug 2021 09:25 WIB

Kathy Hochul, Perempuan Pertama Jadi Gubernur New York

Kathy Hochul menggantikan Andrew Cuomo yang mundur karena kasus pelecehan seksual

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nur Aini
Gubernur New York yang baru, Kathy Hochul
Foto: AP/Seth Wenig, File
Gubernur New York yang baru, Kathy Hochul

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Letnan Gubernur Kathy Hochul akan menjadi gubernur negara bagian New York ke-57 menggantikan Andrew Cuomo. Kathy Hochul (62 tahun) dari Partai Demokrat akan menjadi perempuan pertama yang memegang jabatan tersebut.

Dia akan menjadi gubernur New York dalam 14 hari setelah pengunduran diri Cuomo efektif. "Saya setuju dengan keputusan Gubernur Cuomo untuk mundur. Ini adalah hal yang benar untuk dilakukan dan demi kepentingan terbaik warga New York," ujarnya seperti dikutip laman Sputnik, Rabu (11/8).

Baca Juga

Kathy Hochul juga pernah menjabat sebagai anggota Kongres dari wilayah Buffalo. "Sebagai seseorang yang telah menjabat di semua tingkat pemerintahan dan berada di urutan berikutnya dalam garis suksesi, saya siap untuk memimpin sebagai Gubernur ke-57 Negara Bagian New York," tuturnya.

Awal bulan ini, Hochul memakai Twitter untuk bergabung dengan para politisi yang mengecam Cuomo atas tuduhan pelecehan seksual. Dia mengatakan pelecehan seksual tidak dapat diterima di tempat kerja mana pun, dan tentu saja tidak dalam layanan publik.

Investigasi jaksa agung telah mendokumentasikan perilaku tidak pantas dan melanggar hukum oleh Gubernur terhadap banyak perempuan. "Saya percaya para perempuan pemberani ini & mengagumi keberanian mereka datang," cicit Hochul di Twitter.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement