Saturday, 22 Muharram 1444 / 20 August 2022

Arsenal Diragukan Bisa Raih Prestasi Musim Ini

Rabu 11 Aug 2021 06:41 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Para pemain Arsenal melakukan selebrasi setelah pemain Arsenal Willian mencetak gol ketiga timnya dalam pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Arsenal melawan West Bromwich Albion di Stadion Emirates di London, Inggris, Minggu, 9 Mei 2021.

Para pemain Arsenal melakukan selebrasi setelah pemain Arsenal Willian mencetak gol ketiga timnya dalam pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Arsenal melawan West Bromwich Albion di Stadion Emirates di London, Inggris, Minggu, 9 Mei 2021.

Foto: Andy Rain/ Pool via AP
Arsenal masih kesulitan bangkit.

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Sejak mengakhiri Liga Primer Inggris musim 2015/2016 di peringkat kedua, Arsenal terbukti tidak pernah lagi mampu bersaing di papan atas Liga Primer Inggris. Bahkan, dalam dua musim terakhir, The Gunners hanya mampu finish di peringkat kedelapan Liga Primer Inggris. 

Tidak berhenti sampai di situ, untuk pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir, Arsenal bakal absen di pentas kompetisi Eropa pada musim ini. Hal ini tidak terlepas dari performa buruk pada musim lalu saat gagal meraih satu pun gelar bergengsi, kecuali torehan trofi Community Shields. 

Kekecewaan pada musim lalu itu akhirnya coba dibayar The Gunners pada musim ini. Sejumlah pemain telah didatangkan oleh manajemen klub asal London Utara tersebut. Tidak hanya merekrut bek tengah asal Inggris, Ben White, dari Brighton and Hove Albion.

The Gunners juga telah mendatangkan bek sayap Nuno Tavares dari benfica dan gelandang Albert Sambi Lokonga dari Anderlecht. Rencananya, tim besutan Mikel Arteta itu akan memulai kampanye musim 2021/2022 saat menyambangi salah satu tim promosi, Brentford, di laga perdana Liga Primer Inggris, Sabtu (14/8) dini hari WIB. 

Kendati telah melakukan berbagai penguatan skuad, Arsenal ternyata masih diragukan untuk bisa meraih prestasi pada musim depan, termasuk dengan kemungkinan finish di empat besar. Mantan bek tengah Manchester United, Rio Ferdinand, menilai, Arsenal masih berada dalam wilayah yang tidak bertuan. 

Artinya, The Gunners dinilai belum bisa menunjukan rencana yang matang untuk bisa bangkit pada musim ini. Bahkan, mantan bek tengah timnas Inggris itu menyebut, Arsenal bukanlah tim yang ditakuti dan tidak termasuk dalam favorit juara Liga Primer Inggris musim ini. 

''Saya tahu, Arsenal tengah berupaya membangun sesuatu dan Arteta juga mencoba meletakan fondasi yang kuat di tim utama. Namun, mereka masih berada di wilayah tak bertuan. Mereka bukanlah ancaman untuk tim-tim besar. Arsenal tidak termasuk dalam tim yang diperhitungkan pada musim depan,'' tutur Ferdinand seperti dilansir Mirror, Selasa (10/8). 

Kondisi Arsenal saat ini, tutur Ferdinand, jauh berbeda saat klub asal London Utara itu menjadi salah satu tim yang ditakuti di pentas Liga Primer Inggris, terutama saat masih diperkuat oleh sejumlah pemain kelas atas seperti Martin Keown, Tony Adams, Thierry Henry, Sol Campbell, Dennis Bergkamp, dan Ashley Cole. Arsenal saat ini dinilai kehilangan taringnya di sepak bola Inggris dan Eropa. 

''Saat ini benar-benar waktu yang berbeda buat Arsenal. Sangat disayangkan melihat mereka berada dalam kondisi seperti ini, karena sebenarnya saya cukup menyukai mereka saat berada dalam persaingan di Liga Primer Inggris,'' kata Ferdinand.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA