Selasa 10 Aug 2021 20:47 WIB

Cedera Engkel Robertson, Klopp: Bisa Lebih Buruk

Robertson terlihat mengenakan pelindung kaki dan tongkat.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Andrew Robertson dari Liverpool mendapatkan bola untuk dilempar selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Tottenham Hotspur di Anfield di Liverpool, Inggris, Rabu, 16 Desember 2020.
Foto: AP/Peter Powel/Pool EPA
Andrew Robertson dari Liverpool mendapatkan bola untuk dilempar selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Liverpool dan Tottenham Hotspur di Anfield di Liverpool, Inggris, Rabu, 16 Desember 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Bek kiri asal Skotlandia, Andrew Robertson, dipastikan absen dalam sejumlah laga pembuka Liverpool pada musim 2021/2022. Bek berusia 27 tahun itu mengalami cedera engkel saat tampil di laga pra-musim, kontra Athletic Bilbao, Ahad (8/8) waktu setempat. 

Dalam laga yang digelar di Stadion Anfield tersebut, Robertson mengalami cedera engkel di kaki kanannya pada penghujung babak pertama. Robertson akhirnya ditarik keluar dan digantikan oleh Owen Beck dalam partai yang berujung dengan hasil imbang, 1-1, tersebut. 

Setelah mendapatkan pemeriksaan lanjutan di rumah sakit setempat, Robertson dipastikan mengalami cedera engkel dan absen di sejumlah laga awal Liverpool pada musim ini, termasuk saat menyambangi Norwich City pada pekan perdana Liga Primer Inggris, Sabtu (14/8) malam WIB. 

Dalam foto yang beredar di media sosial, termasuk unggahan di akun media sosial Robertson, eks bek kiri Hull City itu terlihat mengenakan pelindung kaki dan tongkat sebagai alat bantu berjalan. Kondisi ini kemudian memunculkan kekhawatiran soal kemungkinan absen panjang yang harus dilakoni Robertson guna memulihkan kondisinya tersebut. 

Kendati begitu, pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, mencoba meredam kekhawatiran tersebut. Pelatih asal Jerman itu justru merasa bersyukur lantaran cedera yang dialami Robbo, panggilan Robertson, tidak separah yang diperkirakan sebelumnya. 

''Kami cukup beruntung dengan cedera yang dialami Andy. Situasinya bisa jauh lebih buruk dari saat ini. Dari foto yang beredar, mungkin kondisinya terlihat cukup parah. Namun, kami sedikit beruntung. Andy diperkirakan tidak perlu absen dalam jangka waktu panjang,'' tutur Klopp di laman resmi klub, Selasa (10/8). 

Pelatih asal Jerman itu memperkirakan, Robertson diharapkan sudah bisa merumput pada awal September mendatang atau sebelum memasuki jeda internasional pertama pada musim ini. 

''Namun, ada juga kemungkinan setelah jeda internasional pertama. Masih cukup sulit untuk memastikannya saat ini. Namun, bisa dibilang, dia tidak akan absen terlalu lama,'' ujar Klopp. 

Meski kehilangan Robertson pada awal musim ini, Klopp masih memiliki sejumlah opsi pemain untuk mengisi posisi bek kiri The Reds. Kostas Tsimikas, yang hanya tampil di enam laga pada musim debutnya memperkuat Liverpool pada musim lalu, dapat mendapatkan kesaempatan tampil lebih banyak. Pun dengan kemungkinan menurunkan jebolan akademi sepak bola Liverpool, Owen Beck, yang baru berusia 19 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement