Rabu 11 Aug 2021 06:25 WIB

7 Kesalahan Umum yang Biasa Dilakukan Saat Olahraga

Ketahui tujuh kesalahan yang biasa dilakukan saat olahraga agar bisa menghindarinya.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Olahraga di rumah (ilustrasi). Melewatkan pemanasan merupakan salah satu kesalahan dalam berolahraga.
Foto: www.freepik.com.
Olahraga di rumah (ilustrasi). Melewatkan pemanasan merupakan salah satu kesalahan dalam berolahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Olahraga memang menyehatkan dan penting untuk kebugaran, tetapi sebagian orang masih melakukan kesalahan saat melakukannya. Ketahui tujuh kesalahan umum berikut supaya bisa menghindarinya, dikutip dari laman Marie Claire.

1. Tidak memiliki tujuan

Baca Juga

Menurut Martena David, pelatih pribadi di Gymbox, orang yang berolahraga sebaiknya memiliki tujuan khusus. Jika ingin menurunkan berat badan, tetapkan targetnya. Jika ingin menguatkan otot, tetapkan jumlah beban yang disasar.

Seperti tujuan hidup, memiliki tujuan spesifik saat olahraga akan membuat seseorang bersikap realistis, memiliki kerangka waktu, dan disiplin. "Ini akan membantu Anda tetap termotivasi," kata David.

2. Terlalu terburu-buru

Saking semangatnya, sebagian orang berolahraga dalam kuantitas berlebihan dalam waktu singkat. Lebih disarankan untuk fokus pada kualitas alih-alih kuantitas, untuk memastikan bisa mendapatkan hasil optimal dari latihan.

3. Kurang istirahat

Beristirahat usai berolahraga amat penting. Selalu dengarkan tubuh Anda dengan cara berhenti jika lelah dan muncul rasa nyeri. Ini sangat krusial supaya bebas cedera selama olahraga dan tidak membebani tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement