Selasa 10 Aug 2021 15:45 WIB

Strategi CRM Tingkatkan Daya Saing Toko Online  

Terdapat sembilan pola CRM pada sistem penjualan.

Penerapan strategi Customer Relationship Manajemen (CRM) dapat meningkatkan daya saing toko online.
Foto: Dok UNM
Penerapan strategi Customer Relationship Manajemen (CRM) dapat meningkatkan daya saing toko online.

REPUBLIKA.CO.ID,Oleh Ishak Kholil

Customer Relationship Manajemen (CRM) merupakan sebuah strategi bisnis menyeluruh dari suatu perusahaan, yang memungkinkan perusahaan tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan baik dengan para pelanggan.  Hubungan teknologi informasi, dengan CRM sangat penting. Tanpa kemampuan teknologi informasi yang baik dalam mengelola informasi, CRM akan lumpuh dan tidak ada artinya. 

Sinergi kedua hal tersebut sangat dibutuhkan. Apalagi di era teknologi saat ini, untuk menghasilkan sebuah kinerja organisasi yang handal sangat dibutuhkan pengimplementasian keduanya. 

Di era sistem informasi, banyak perusahaan/organisasi di  berbagai bidang, baik perdagangan ataupun jasa, menggunakan aplikasi online berbasis web sebagai sarana dalam usahanya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. 

Di bidang perdagangan, penggunaan aplikasi online berbasis web sudah banyak digunakan, sebagai bagian dari strategi untuk menjangkau banyak konsumen yang lebih dikenal dengan istilah toko online (e-commerce). Secara khusus, langkah ini dilakukan untuk memberikan layanan yang sifatnya personal, sehingga dapat memberikan kepuasan yang tinggi pada pelanggannya, baik sebagai stakeholder maupun shareholder. 

Dengan demikian, diharapkan akan terjalin value chain yang kuat di  antara mereka (pemilik Usaha dan konsumen) yang dikuatkan dalam kerangka customer relationship management (CRM). 

E-commerce adalah sarana berbentuk aplikasi berbasis web, yang banyak berkembang dan digunakan oleh perusahaan/organisasi/pribadi untuk menjangkau konsumen dalam berpromosi dan bertransaksi. Sehubungan dengan konteks itulah, implementasi CRM sangat dibutuhkan dalam membangun sebuah aplikasi online/toko online, guna meningkatkan daya saing usaha untuk dapat terus berjalan dan berkembang.  

Berdasarkan hasil analisis dari data-data yang diperoleh, terdapat sembilan pola CRM pada sistem penjualan, yang menggambarkan pola CRM  yang  terjadi dalam sebuah toko online. 

Dalam CRM sistem penjualan, terdapat pola umum yang dipengaruhi oleh empat faktor utama yaitu : order pemesanan, bahan baku dasar, produksi dan distribusi.  

Dengan CRM, toko online dapat diidentifikasi gambaran hubungan antara pihak-pihak yang terlibat dalam industri UKM (supplier, ukm, kurir,distributor dan pelanggan), sehingga tergambar jenis hubungan komunikasi yang intens dari pihak-pihak yang terlibat. Dengan demikian,  perlu digunakan sebuah sistem informasi yang dapat digunakan secara bersama-sama.

*)  Penulis adalah dosen Universitas Nusa Mandiri, Prodi Sistem Informasi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement