Pembebasan Lahan Cikarang-Cibarusah Ditarget Tuntas 2021

Red: Ratna Puspita

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menargetkan pembebasan lahan Jalan Cikarang-Cibarusah dapat dituntaskan tahun 2021. Dengan demikian, tahun depan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bisa segera melakukan pelebaran di ruas jalan tersebut. (Foto: Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan)
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menargetkan pembebasan lahan Jalan Cikarang-Cibarusah dapat dituntaskan tahun 2021. Dengan demikian, tahun depan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bisa segera melakukan pelebaran di ruas jalan tersebut. (Foto: Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan) | Foto: Dok Pemkab Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi menargetkan pembebasan lahan Jalan Cikarang-Cibarusah dapat dituntaskan tahun 2021. Dengan demikian, tahun depan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bisa segera melakukan pelebaran di ruas jalan tersebut.

"Kita baru saja rapat koordinasi membahas upaya pembebasan lahan ini terutama solusi yang bisa diambil," kata Pejabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (10/8).

Baca Juga

Dani mengaku telah menginstruksikan Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan untuk segera menuntaskan pelebaran jalan tersebut. Dia menjelaskan hingga kini masih ada 17 titik lahan yang masih terkendala pembebasannya akibat sejumlah persoalan.

Namun, 11 di antaranya bisa dituntaskan dalam waktu dekat. "Ada enam titik saja yang belum jelas solusinya tapi kita sudah mencari bersama solusi penyelesaiannya, diharapkan bisa segera dituntaskan semua," katanya.

"Meskipun memang untuk tanah kas desa dan tanah wakaf, memang prosedurnya cukup panjang namun saya sudah instruksikan segera laksanakan," ujar dia.

Pembebasan lahan itu, kata dia, dipastikan segera dilakukan hingga terlihat progres perkembangannya pada 30 Agustus 2021. "Sambil juga simultan untuk alokasi anggarannya pada perubahan APBD 2021. Mudah-mudahan sebelum Bulan Desember semua sudah clear sehingga pada tahun 2022 kita sudah ajukan konstruksinya kepada Bina Marga Provinsi Jabar," ucapnya.

Menurut dia, pelebaran ruas jalan ini penting dilakukan mengingat volume kendaraan yang melintas tidak sebanding dengan kapasitas jalan. Selain itu jalur tersebut merupakan akses penghubung ke wilayah Kabupaten Bogor serta Karawang, sekaligus akses utama para pekerja pabrik menuju sejumlah kawasan industri.

"Jalurnya memang ramai aktivitas kendaraan, maka harus segera dilakukan pelebaran jalan," katanya.

Pemkab Bekasi juga telah menyiapkan akses alternatif pengendara di ruas jalan tersebut dengan membuka gerbang Delta Silicon 8 yang menghubungkan langsung Jalan Cikarang-Cibarusah dengan kawasan industri. "Rencananya peresmian pembukaan jalan itu akan dilakukan bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Bekasi pada tanggal 15 Agustus, jadi kado untuk warga kita," kata dia.

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...

Terkait


Warga Bekasi Dilarang Gelar Lomba 17 Agustus

Bekasi Ubah Kendaraan Dinas Jadi Mobil Vaksinasi Keliling

Covid-19 Kabupaten Bekasi Masih 1.170 Kasus, Ini Rinciannya

KASN: Pemilihan Sekda Kabupaten Bekasi Bisa Diulang

WNA yang Ikut Vaksinasi Punya Kartu Izin Tinggal Tetap

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan Jabar. Jalan Mangga 47, Bandung 40114, Indonesia.

Phone: +6222 87243363, +6222 87243364 , +6222 87243365

jabar@republika.co.id

Ikuti

× Image