Selasa 10 Aug 2021 10:59 WIB

Prodi Bahasa Sastra UMM Raih Akreditasi Unggul

Prodi bahasa sastra Indonesia sudah lama menjalankan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih akreditasi unggul. 
Foto: dok. Humas UMM
Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih akreditasi unggul. 

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) berhasil meraih akreditasi unggul. Akreditasi tersebut merupakan format baru yang diperoleh dari Kemendikbud-Ristek.

"Berkat raihan tersebut, Prodi Bahasa Indonesia UMM menjadi prodi pertama di antara Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia yang mendapatkannya," kata Rektor UMM, Fauzan.

Menurut Fauzan, prodi PBSI telah lama siap menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Hal ini terlihat dari berbagai kegiatan akademis yang sudah dijalankan. Berbagai aspek yang dibutuhkan untuk mencapai akreditasi unggul juga berhasil dipenuhi dengan sangat baik.

Kepala Prodi (Kaprodi) UMM, Sugiarti menjelaskan, akreditasi tersebut dapat dicapai berkat kelengkapan komponen penilaian. Ada empat aspek kunci yang sukses dipenuhi yakni dosen tetap prodi, kurikulum, sistem penjaminan mutu internal serta tracer study

Jumlah dosen yang dimiliki PBSI UMM sudah memenuhi standard. Ditambah lagi dengan jumlah doktor dan kandidat doktor yang cukup banyak menjadi tenaga pengajar di prodinya.

Menurut Sugiarti, penerapan kurikulum yang menyesuaikan perkembangan zaman menjadi poin penting meraih akreditasi unggul. Hal ini termasuk bagaimana menjalankan pembelajaran di masa pandemi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement