Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Sunday, 18 Rabiul Awwal 1443 / 24 October 2021

Murat Yakin Resmi Melatih Timnas Swiss

Selasa 10 Aug 2021 06:55 WIB

Red: Endro Yuwanto

Murat Yakin.

Murat Yakin.

Foto: UEFA.com
Yakin meneruskan tugas Vladimir Petkovic yang mundur setelah 7 tahun melatih Swiss.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Murat Yakin, Senin (7/8) waktu setempat, resmi ditunjuk sebagai pelatih baru tim nasional sepak bola Swiss. Ia ditargetkan sukses lebih besar daripada mencapai perempat final Euro 2020 yang dicapai Swiss pada bulan lalu.

Yakin, 46 tahun, meneruskan tugas Vladimir Petkovic yang mundur setelah tujuh tahun memimpin skuad Nati dan kini melatih klub Ligue 1 Prancis, Bordeaux.

Yakin yang pernah 49 kali membela timnas Swiss meninggalkan posisinya sebagai pelatih tim Divisi II Swiss, Schaffhausen.

"Murat Yakin pelatih baru Nati," demikian pengumuman Asosiasi Sepak Bola Swiss (SFA) seperti dikutip AFP, Selasa (10/8). "Selamat datang kembali, Murat!"

Yakin dikontrak sampai akhir kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar, dengan opsi perpanjangan satu tahun. "Nati sudah menyangkut hati saya sebagai pemain. Adalah kehormatan besar dan kebahagiaan bagi saya bisa mewakili negara sebagai pelatih," kata Yakin. "Saya tidak ragu kami akan lolos ke Piala Dunia dengan tim hebat ini dan kami akan merayakan kesuksesan lebih besar lagi."

Petkovic memimpin tim nasional Swiss sejak 2014. Di bawah kepemimpinannya, Swiss membuat salah satu penampilan terbaiknya dalam turnamen internasional besar dengan mencapai perempat final Euro 2020. Swiss disingkirkan oleh Spanyol melalui adu penalti di Saint Petersburg pada 2 Juli 2021.

Dalam perjalanan ke perempat final itu, Swiss mengalahkan juara dunia Prancis dalam 16 besar sehingga memicu perayaan besar-besaran di seluruh negeri. Sebelumnya, penampilan terbaik Swiss adalah perempat final Piala Dunia 1934, 1938, dan 1954. Sekarang tanggung jawab ada di pundak Yakin dalam menjaga momentum itu.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA