Selasa 10 Aug 2021 01:45 WIB

Sandiaga Sebut Tokoh Ini Berkomitmen Dukung UMKM Lokal

Menparekraf Sandiaga Uno menyebut Wamendag dukung umkm dalam kesehariannya

Menteri Parekraf Sandiaga Uno.
Foto: Istimewa
Menteri Parekraf Sandiaga Uno.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyebut Wakil Menteri Perdagangan luar biasa dalam komitmennya mencintai dan membanggakan produk dalam negeri. Hal ini dikatakannya saat menjadi pembicara dalam webinar Gercepin Yuk! (Gerakan Cinta Produk Ekspor Produk Indonesia) yang diselenggarakan oleh Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) bersama dengan Goorita tengah pekan ini.

Menurut Sandiaga Uno, Jerry total membuktikan kecintaan pada produk dalam negeri dengan langsung menggunakan produk-produk Indonesia khususnya UMKM dalam kesehariannya. Satu hal yang lebih membahagiakan Sandi, sebagian produk-produk itu adalah hasil dari ekonomi kreatif yang tengah menggeliat di Indonesia.

“Misalnya tadi baju Pak Wamen adalah batik dari berbagai daerah di Indonesia, lalu sepatu beliau merupakan desain butik domestik, jam tangan beliau juga merupakan hasil dari kreatifitas anak muda. Jadi hampir semuanya merupakan hasil ekonomi kreatif.” Kata Sandiaga.

Sementara itu, Wamendag Jerry yang diamanahi oleh Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan ekspor mengatakan bahwa Kemendag terus mengembangkan akses pasar dan meningkatkan fasilitasi perdagangan berorientasi ekspor. Menurutnya langkah ini dimaksudkan sebagai pendukung bagi semua stake holder yang berfokus pada produksi.

 

“Misalnya dengan Kemenparekraf yang dipimpin Pak sandi, kami berusaha memfasiliatsi perdagangan produk-produk kreatif. Bukan hanya yang bersifat kerajinan, kriya dan lain-lain, tetapi juga yang berbasis teknologi. Kami ingin kerja sama kami bisa mewujudkan Indonesia sebagai pengekspor produk digital utama.” Papar Wamendag.

Baik Sandi maupun Jerry sepakat bahwa produk kreatif khususnya yang berbasis digital mempunyai potensi yang luar biasa. Jika ini digarap serius, maka kontribusi bagi perkonomian nasional akan sangat besar. Jerry mencontohkan bagaimana ekonomi digital di Korea dan Jepang punya kontribusi penting dalam ekspor dan ekonomi kedua negara itu secara keseluruhan.

Wamendag optimis potensi produk digital, khususnya yang diproduksi oleh anak muda sangat besar. Menurutnya ia sudah berjalan ke berbagai daerah dan banyak anak muda membuat studio atau bahkan punya komunitas untuk mengembangkan game, aplikasi dan lain-lain. Kementerian perdagangan akan terus memantau hasil produksi mereka agar ada kerangka dan mekanisme untuk pendukungan dari sektor perdagangan.

“Yang sangat penting dalam perdagangan produk kreatif dan digital adalah bagaimana data, pengemasan, pemasaran dan tentu saja integrasi dalam sektor pembayaran. Karena itu kami berharap semua stake holder terkait bisa bersinergi membangun sistem yang integrative tersebut.” Kata Jerry ketika dihubungi seusai acara.

Secara keseluruhan ekspor Indonesia menunjukkan kinerja yang cukup baik dari bulan ke bulan meskipun didera pandemi. Kinerja perdagangan luar negeri terus mengalami surplus dan menjadi salah satu penopang pencapaian pertumbuhan ekonomi lebih dari 7 persen pada kuartal kedua tahun ini.

“Bukan hanya perdagangan luar negeri, perdagangan dalam negeri kami harap juga akan terus berkontribusi bagi pemulihan ekonomi Indonesia.” Tandas Jerry.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement