Senin 09 Aug 2021 18:07 WIB

Kembangkan Automasi, Yellow.ai Raih Suntikan Dana Series C

Otomatisasi ke sektor pendukung dinilai sangat penting.

Jaringan automasi costumer (ilustrasi).
Foto: Www.freepik.com
Jaringan automasi costumer (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--  Platform automasi Customer Experience (CX) yellow.ai mengumumkan telah mendapatkan pendanaan Series C senilai 78,15 juta dollar Amerika Serikat (AS). Suntikan pendanaan tersebut dipimpin oleh WestBridge Capital bersama dengan Sapphire Ventures, and Salesforce Ventures. 

CEO dan Co-Founder yellow.ai Raghu Ravinutala, mengatakan, Lightspeed Venture Partners turut berpartisipasi kembali dalam putaran pendanaan kali ini, yang menambah total investasi sejauh ini menjadi 102,15 juta dollar AS.

"Yellow.ai memungkinkan perusahaan untuk memanfaatkan mesin dan platform NLP miliknya untuk membangun chatbot dan bot suara ke dalam 100+ bahasa di 35+ saluran, yang mengotomatiskan fungsi seperti Customer Support, Customer Engagement, Conversational Commerce, dan Employee Experience. Platform ini sudah terintegrasi dengan aplikasi perusahaan seperti SalesForce, Shopify, Cisco, Avaya, Sharepoint, dan 100 aplikasi lainnya," kata dia, Senin (9/8).

Sejak putaran pendanaan sebelumnya, kata dia, yellow.ai telah tumbuh 470 persen secara revenue dan telah menjangkau ratusan pelanggan baru. Menurut dia, hal tersebut tak terlepas dari kemampuan perusahaan dalam membawa otomatisasi ke sektor pendukung dan memperluas kemampuannya untuk mengotomatisasi end-to-end di sektor perdagangan, pemasaran, dan SDM.

Yellow.ai telah muncul di pasar virtual-assistant yang ramai oleh otomatisasi-pertama dengan model bantuan manusia, untuk memberikan kepuasan pelanggan yang lebih tinggi dan pertumbuhan pendapatan tambahan untuk klien perusahaan. Dengan klien kami yang cepat dan berekspansi di Indonesia maupun seluruh dunia, kami siap untuk menjadi pemimpin global dalam ruang automasi CX dan sangat optimis dalam membangun produk, kemitraan, tim, dan komunitas kami untuk benar-benar mendemokratisasi AI dalam waktu dekat," papar dia.

Raghu yakin melalui pendanaan ini, yellow.ai akan memperkuat kepemimpinan dominannya di 50 lebih negara termasuk India, Asia Tenggara, Inggris, Timur Tengah, dan Amerika Latin sekaligus membangun kehadiran yang kuat di AS, menambah 70 karyawan ke 500 lebih headcount globalnya. Dengan masuknya modal baru ini, yellow.ai akan memperkuat investasi menuju ekspansi global, merekrut talenta terbaik di seluruh wilayah, dan menerapkan R&D dalam hyper-automation

"Saat ini, bot bertenaga AI perusahaan telah mengirimkan otomasi CX pada 35+ saluran obrolan dan suara, ke dalam 100+ bahasa yang mampu menangani miliaran lebih interaksi setiap kuartal. Asisten virtualnya telah dibuat untuk mempelajari perilaku pelanggan dengan sangat tepat, sehingga satu perusahaan jasa keuangan internasional mampu memanfaatkan asisten virtual yang diberdayakan oleh yellow.ai untuk menghasilkan pendapatan hingga 100 juta dollar hanya dalam tiga tahun," kata dia.

Pendiri dan Managing Partner WestBridge Capital Sumir Chadha mengatakan, yang membuat mereka terkesan adalah soal kecepatan. Menurut dia, pelanggan menggunakan yellow.ai untuk otomatisasi dukungan dan dengan cepat ditingkatkan ke perdagangan, SDM, dan kasus penggunaan lainnya. 

"Pola ini merupakan bukti kemampuan platform dalam menciptakan dampak di seluruh lini sehingga menjadi mitra AI yang penting," kata dia.

Co-founder dan Direktur Utama di Sapphire Ventures Jai Das mengatakan, selama konsumen mengharapkan personalisasi dan segala sesuatu sesuai permintaan, yellow.ai mempelopori otomasi CX. Ini dengan platform yang tidak hanya mampu menangani permintaan customer support yang masuk secara instan. Tetapi juga memungkinkan bisnis untuk secara proaktif melibatkan pelanggan di semua saluran. 

"Kami telah melihat ratusan layanan pelanggan dan experience platform selama bertahun-tahun, tetapi yang menarik perhatian saya tentang yellow.ai adalah teknologi dan pertumbuhan mereka yang mengesankan, mencapai pertumbuhan empat kali dari tahun ke tahun meskipun ada pandemi. Sapphire menantikan kemitraan ini, dan mendukung misi yellow.ai untuk merevolusi pengalaman pelanggan dengan layanan yang lebih baik," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement