Senin 09 Aug 2021 14:37 WIB

Sultan Sokoto Nigeria Umumkan Tahun Baru Islam Selasa

Tahun baru Islam 1443 Hijriyah bertepatan dengan Selasa 10 Agustus

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah
Tahun baru Islam 1443 Hijriyah bertepatan dengan Selasa 10 Agustus. Ilustrasi Muslim Nigeria
Foto: The Nation
Tahun baru Islam 1443 Hijriyah bertepatan dengan Selasa 10 Agustus. Ilustrasi Muslim Nigeria

REPUBLIKA.CO.ID,  SOKOTO – Otoritas Islam Nigeria mengumumkan 1 Muharram 1443 H jatuh pada Selasa (10/8). 

Sultan Sokoto yang juga Presiden Jenderal Dewan Tertinggi Urusan Islam Nigeria (NSCIA), Alhaji Muhammad Sa'ad Abubakar III, telah menyatakan bahwa Selasa sebagai hari pertama dari Tahun Baru Islam 1443 H.

Baca Juga

Pengumuman itu tertuang dalam sebuah pernyataan pada Ahad (8/8) di Abuja, yang ditandatangani Direktur Administrasi NSCIA, Arc Zubairu Haruna Usman-Ugwu. Dalam pernyataan itu disebutkan, bahwa Senin (9/8) adalah 30 Dzulhijjah atau hari terakhir dari tahun 1442 Hijriyah.

"Alhaji Muhammad Sa'ad Abubakar, Presiden Jenderal Dewan Tertinggi Nigeria untuk Urusan Islam (NSCIA) dan Sultan Sokoto, setelah mempertimbangkan laporan Komite Penampakan Bulan (Hilal) Nasional, telah menyatakan Selasa, 10 Agustus 2021 sebagai hari pertama Muharram 1443 H," kata Usman-Ugwu, dilansir di Daily Trust, Senin (9/8).

Sultan Sokoto yang merupakan pemimpin agama di komunitas Muslim Nigeria itu lantas mengucapkan selamat tahun baru Islam kepada seluruh umat Muslim. Kemarin Ahad (8/8), pemerintah negara bagian Katsina di Nigeria mengumumkan bahwa Senin (9/8) sebagai hari libur dalam rangka memperingati Tahun Baru Hijriyah.

Hal itu terungkap dalam keterangan pers Komisioner Informasi, Dalam Negeri dan Kebudayaan Katsina, Abdulkarim Sirika.

Dia mengatakan, esensi dari menyatakan hari libur adalah untuk mengingatkan umat Islam di negara bagian tentang Kalender Islam dan signifikansinya dalam kegiatan mereka.

Gubernur dalam pernyataan tersebut menugaskan masyarakat negara untuk menggunakan periode tersebut untuk merenungkan ajaran Islam dan praktik Nabi Muhammad (SAW) dan memastikan mereka menjalani kehidupan mereka sesuai dengan ajaran Islam. Gubernur Masari juga mengingatkan umat Islam dan umat beragama lainnya untuk berdoa bagi perdamaian, persatuan dan kemajuan Nigeria.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement