Ahad 08 Aug 2021 18:27 WIB

Ambang Batas Ekonomi Diajarkan Ke Petani Bima 

Masih banyak ditemui petani yang belum memahami prinsip tersebut.

Petani di Nusa Tenggara Barat (ilustrasi)
Foto: BPPSDMP Kementan
Petani di Nusa Tenggara Barat (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BIMA -- Sebanyak 20 orang petani mengikuti kegiatan Sekolah Lapang (SL) tanaman jagung, 4 Agustus 2021, berlokasi di Poktan Talaga Lisu, Desa Woro, Daerah Irigasi Embung Woro, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, NTB. Materi yang dibahas pada pertemuan ke-8 ini adalah ambang batas ekonomi serangan hama tanaman jagung.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan pentingnya menjaga tanaman. "Tantangan untuk kita saat ini adalah meningkatkan produktivitas. Karena dengan cara itulah ketahanan pangan bisa dijaga," katanya dalam siaran pers, Ahad (8/8).

Pernyataan serupa disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi. "Dalam kondisi apa pun pertanian tidak boleh bersoal. Pertanian tidak boleh bermasalah. Artinya, petani harus terus turun ke lapang, penyuluh harus turun ke lapangan untuk mendampingi petani. Produksi pertanian tidak boleh berhenti," katanya

Oleh karena itu, Dedi berharap para petani bisa memanfaatkan materi yang disampaikan dalam SL IPDMIP.  Di Bima, fasilitator kegiatan SL IPDMIP terdiri dari PPL, Staf Lapangan dan Penyuluh Swadaya. Sedangkan supervisi kegiatan dilakukan oleh unsur DPIU IPDMIP, KJF Distanbun Kabupaten Bima, Kepala BPP Madapangga, TPM serta Konsultan Daerah IPDMIP Kabupaten Bima.

Staf Lapangan IPDMIP, Supratman menjelaskan bahwa 20 orang peserta SL terdiri dari 10 orang petani laki-laki dewasa, 6 orang wanita tani serta 4 orang pemuda tani yang merupakan perwakilan dari beberapa Poktan Program IPDMIP Desa Woro. 

Supratman menambahkan bahwa benih jagung yang ditanam di lahan SL ini adalah varietas Bisi 321 dengan potensi hasil sekitar 8 ton/ha yang bersumber dari swadaya petani. 

PPL Desa Woro, Sarifuddin saat menyampaikan materi menjelaskan bahwa prinsip dasar tentang ambang batas ekonomi adalah pemahaman tentang batasan intensitas dan jumlah serangan hama yang perlu mendapat penanganan khusus secara kimiawi. 

"Sebab, masih banyak ditemui petani yang belum memahami prinsip tersebut. Sehingga, berdampak kepada penanganan hama yang kurang efektif. Kondisi tersebut tidak hanya berpengaruh terhadap tingkat pertumbuhan dan produktivitas tanaman, tetapi juga dapat merugikan petani dari sisi ekonomi sebagai akibat dari penggunaan pestisida yang berlebihan," katanya. 

Lebih jauh dari itu, dapat berdampak pula terhadap rusaknya keseimbangan alam dan ekosistem usaha tani, termasuk ekosistem musuh alami. "Melalui kegiatan SL ini kita mengedukasi petani untuk lebih bijak dalam menangani masalah hama dengan selalu mempertimbangkan keseimbangan ekosistem dan kelestarian alam," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement