Ahad 08 Aug 2021 18:12 WIB

Satgas Covid-19: Vaksinasi Covid-19 Harus Maksimal

Arahan Presiden target nasional vaksinasi dua juta dosis per hari

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Gita Amanda
Pemerintah Indonesia melalui presiden Joko Widodo meminta program vaksinasi Covid-19 bisa dijalankan dan menyuntikkan sesuai target 2 juta dosis per hari.  (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Pemerintah Indonesia melalui presiden Joko Widodo meminta program vaksinasi Covid-19 bisa dijalankan dan menyuntikkan sesuai target 2 juta dosis per hari. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Indonesia melalui presiden Joko Widodo meminta program vaksinasi Covid-19 bisa dijalankan dan menyuntikkan sesuai target dua juta dosis per hari. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 juga mengupayakan supaya target vaksinasi bisa diwujudkan dengan melakukan beberapa upaya.

"Vaksin sesuai arahan Presiden harus dimaksimalkan sesuai target di daerah masing-masing. Sehingga, terpenuhi target nasional (vaksinasi dua juta dosis per hari)," ujar Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Nasional, Brigjen TNI (Purn) Alexander Ginting saat dihubungi Republika, Ahad (8/8).

Baca Juga

Terkait kendala vaksinasi belum memenuhi target, Alex mengaku sebenarnya stok mencukupi namun masalah ini juga ditentukan persoalan distribusi sesuai dinamika lapangan dan kemampuan cold chain. Untuk menyelesaikan masalah ini, dia melanjutkan, pemerintah melakukan beberapa upaya.

Pertama, sentra vaksin didekatkan ke masyarakat, kemudian upaya kedua distribusi ke kabupaten kota ditingkatkan. Kemudian usaha terakhir cold chain yang diatur dengan meminimalkan stok dan mendaya gunakan vaksinator lintas desa kecamatan. Terkait perubahan target vaksinasi, Alex menegaskan tetap sesuai target yang sudah ditentukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement