Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

Saturday, 17 Rabiul Awwal 1443 / 23 October 2021

BTNK: Tak Ada Komodo di Sabana yang Terbakar

Ahad 08 Aug 2021 16:14 WIB

Red: Ratna Puspita

taman nasional komodo. (Foto: Komodo di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur)

taman nasional komodo. (Foto: Komodo di Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur)

Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Kebakaran sabana di Taman Nasional Komodo (TNK) terjadi kemarin.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUAN BAJO -- Kepala Balai Taman Nasional Komodo (BTNK) Lukita Awang memastikan tidak ada komodo di sekitar lokasi sabana Laju Pemali yang terbakar Sabtu (7/8) kemarin. "Yang terbakar itu daerah tebing. Tidak ada komodo (di sana)," kata Awang ketika dihubungi dari Labuan Bajo, Ahad (8/8).

Kebakaran sabana di Laju Pemali, Taman Nasional Komodo (TNK), Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, terjadi pada Sabtu, sekitar pukul 15.00 WITA. Lokasi Laju Pemali berada di sebelah barat Pulau Komodo dan sebelah selatan Loh Wenci.

Baca Juga

Awang menjelaskan, luasan lahan terbakar sekitar 10 hektare sedangkan penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. "Penyebab sedang dalam penyelidikan. Kemungkinan besar faktor alam, karena memang cuaca di lokasi sangat panas dan gersang. Suhu sangat panas," ujarnya pula.

Berkat kerja keras para petugas BTNK, api telah berhasil dipadamkan pada pukul 05.00 WITA. Pihak BTNK pun sedang melakukan pemantauan untuk memastikan agar tidak ada api yang masih menyala di sekitar lokasi kejadian.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA