Sunday, 14 Rajab 1444 / 05 February 2023

Lima Aktivitas yang Bisa Picu Gangguan Tidur

Ahad 08 Aug 2021 08:18 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Ani Nursalikah

Lima Aktivitas yang Bisa Picu Gangguan Tidur

Lima Aktivitas yang Bisa Picu Gangguan Tidur

Foto: Needpix
Tidur memainkan peran penting dalam mengelola kesehatan mental dan fisik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tidur adalah bagian penting dari siklus hidup dan memainkan peran penting dalam mengelola kesehatan mental dan fisik. Terlepas dari peran itu, banyak orang yang mengalami gangguan tidur seperti kesulitan tidur atau insomnia, kurang tidur, dan sleep apnea.

Gangguan tidur bisa disebabkan oleh berbagai hal, seperti kondisi psikis akibat stres dan depresi, maupun kondisi fisik seperti pilek, batuk, dan lainnya. Gangguan tidur juga bisa dipicu oleh berbagai kebiasaan yang mungkin dilakukan seseorang secara sadar atau tidak sadar. Hal ini kemudian menghambat kualitas dan kuantitas tidurnya sehingga menyebabkan masalah dalam tidurnya.

Baca Juga

Dilansir dari Times Now News, Ahad (8/8), berikut lima aktivitas yang bisa membuat Anda sulit tidur.

Minum kopi sebelum tidur

Hindari minum kopi setidaknya 6 hingga 8 jam sebelum waktu tidur, karena minum kopi dapat membuat tubuh lebih terjaga dengan mengelabui otak agar berpikir bahwa ini belum waktunya untuk tidur. Jadi ketika Anda minum kopi beberapa saat sebelum waktu tidur, rasa kantuk akan hilang, dan waktu tidur akan terganggu.

Main gawai sebelum tidur

Jauhkan semua gawai sebelum tidur. Cahaya biru yang dipancarkan layar dapat mengacaukan ritme sirkadian sehingga membuat tubuh sulit untuk tertidur. Jika Anda harus bekerja hingga larut malam, Anda dapat menginstal aplikasi lampu malam yang dapat menurunkan kerusakan cahaya biru.

Terlalu lama tidur siang

Tidur siang mungkin bisa mengembalikan energi dan mengganti kekurangan tidur di malam hari, namun tidur siang di waktu salah malah bisa menimbulkan kerusakan. Jika Anda tidur siang dengan waktu yang lama hingga menuju sore, itu bisa mengganggu sirkadian dan mengakibatkan jadwal tidur yang tidak sehat.

Rutinitas waktu tidur yang tidak konsisten

Demi hidup sehat, mulaikan atur jadwal tidur yang sesuai dengan gaya hidup dan jangan lupa untuk menaatinya. Banyak orang yang mengikuti rutinitas tidur yang konsisten selama hari kerja, namun begitu akhir pekan tiba, rutinitas tidur yang konsisten ditinggalkan. Hindari hal ini karena dapat membingungkan tubuh, sehingga melemahkan ritme sirkadian yang mengakibatkan masalah tidur.

Makan sebelum tidur

Makan tepat sebelum tidur atau di tempat tidur dapat menyebabkan iritasi lambung, refluks asam, dan mulas yang dapat dengan mudah menghambat waktu tidur. Hal ini dapat membuat Anda begadang hingga perut menjadi dingin atau menyebabkan Anda terbangun di tengah malam sehingga mengganggu tidur.

https://www.timesnownews.com/health/article/do-you-have-trouble-sleeping-5-pre-bedtime-activities-that-may-be-delaying-sleep/796149

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA