Sabtu 07 Aug 2021 18:18 WIB

ARS University Gelar Webinar Bekali Mahasiswa Jadi Pemimpin 

Webinar ini diharapkan dapat menambah pengetahuan para peserta khususnya mahasiswa.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Ars University menggelar webinar bertema Peran Kepemimpinan Strategis Dalam Membangkitkan Perekonomian Nasional
Foto: dok. Istimewa
Ars University menggelar webinar bertema Peran Kepemimpinan Strategis Dalam Membangkitkan Perekonomian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pandemi virus corona (Covid-19) memiliki dampak yang cukup luar biasa diberbagai sektor. Dampaknya, banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pemerintah baik di pusat maupun daerah, serta pihak swasta.

Rektor ARS University Prof Dr Purwadhi MPd mengatakan, semua sektor harus dapat beradaptasi cepat dengan keadaan yang tidak sama sebelum Pandemi melanda. "Disinilah peran dari kepemimpinan sangatlah strategis," kata dia dalam siaran persnya, Sabtu (7/8). 

Purwadhi mengatakan, pemahaman mengenai betapa pentingnya peran pemimpin perlu dimengerti secara dalam. Para akademisi, memiliki kontribusi untuk meneliti serta menggali peran penting dari pemimpin untuk dapat bertahan ditengah kondisi yang penuh dengan hambatan dan tantangan saat ini. 

"Pentingnya peran kaum intelektual ini lah yang membuat Program Pascasarjana ARS University menginisiasi webinar," ujar Purwadhi dalam webinar yang digelar oleh Ars University bertema “Peran Kepemimpinan Strategis Dalam Membangkitkan Perekonomian Nasional”. Hadir sebagai narasumber yaitu Prof Dr Rully Indrawan MSi dan Bebeb Djundjunan SH LLM. 

Purwadhi menjelaskan, webinar ini diharapkan dapat menambah pengetahuan para peserta khususnya mahasiswa. "Peran akademisi untuk menciptakan pemimpin yang strategis sangat lah penting khususnya disaat Pandemi saat ini. Karena kebijakan yang tepat akan membuat perubahan yang besar untuk pulihnya perekonomian secara Nasional," papar dia. 

Sementara menurut salah satu narasumber Prof Rully Indrawan, peran kepemimpinan tentunya tidak bisa disepelekan. Karena, sebagai pengambil kebijakan tentu pemimpin perlu mempertimbangkan banyak hal terutama untuk mempercepat pemulihan ekonomi secara nasional, para masyarakat perlu berkontribusi khususnya kalangan akademisi. 

"Pemimpin yang strategik tentunya memahami tiga poin penting yaitu memiliki visi, cerdas dan mampu berbagi peran dengan baik sesuai dengan porsinya," kata Rully.

Sedangkan Beben menambahkan, pemimpin yang strategis harus memiliki passion, trust dan mindset yang baik. Karena pemimpin yang strategis adalah pemimpin yang mampu menciptakan efektifitas dalam kepemimpinannya. Artinya, harus mampu membuat skala prioritas, mampu membantu meningkatkan kualitas diri dan orang disekitarnya, mampu menciptakan pemikiran yang inovatif serta tindakan yang etis dan mampu berkomuniksi secara efektif. 

Turut hadir pada webinar tersebut  Direktur Pascasarjana ARS University Dr. A. Rohendi, M.M., M.H, dan Plt Kepala dan Sekretaris LLDIKTI Wil IV Ir. Dharnita Chandra, M.Si. Tak kurang dari 277 peserta turut berpartisipasi dalam webinar tersebut yang terdiri dari mahasiswa Pascasarjana ARS University, perwakilan PERGUBI dan dosen-dosen dari berbagai Perguruan Tinggi selaku tamu undangan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement