Sabtu 07 Aug 2021 15:43 WIB

Cerita Kenangan Pertama Puyol dan Xavi Bersama Messi

Ketiganya pun menjadi bagian penting dalam skuad Barcelona saat mendominasi Eropa.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Carlos Puyol dan Lionel Messi (kanan) saat masih sama-sama memperkuat Barcelona.
Foto: AP
Carlos Puyol dan Lionel Messi (kanan) saat masih sama-sama memperkuat Barcelona.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Lionel Messi secara resmi meninggalkan Barcelona, klub yang telah dibelanya sejak berusia 16 tahun atau sejak memperkuat tim utama Barcelona pada 2004. Kerja sama dan cerita indah antara Messi dengan Barcelona terpaksa berakhir lantaran ketidakmampuan Blaugrana untuk memenuhi aturan ambang batas gaji pemain di La Liga Spanyol.

Bergabung dengan akademi sepak bola Barcelona, La Masia, pada usia 13 tahun, Messi langsung mampu menarik perhatian staf pelatih di tim utama Barcelona. Akhirnya, pada usia 16 tahun, pemain berusia 34 tahun itu telah dipercaya mengenakan seragam tim utama Blaugrana.

Baca Juga

Sejak saat itu, Messi telah mempersembahkan berbagai trofi bergengsi buat Barcelona, termasuk 10 titel La Liga dan empat trofi Liga Champions. Pun dengan berbagai rekor individu, termasuk enam gelar Ballon d'Or dan top skorer sepanjang masa Barcelona dengan koleksi 709 gol.

Selama 17 musim membela Barcelona, Messi telah berbagi lapangan dengan sejumlah legenda Barcelona, tidak terkecuali Carlos Puyol dan Xavi Hernandez. Dua mantan kapten Barcelona itu pun memiliki kenangan tersendiri bersama Messi.

Baik Puyol maupun Xavi bahkan masih ingat cerita pertama yang dimiliki bersama Messi. Buat Puyol, cerita pertamanya dengan Messi tidak terlepas dari masker yang pernah dikenakannya saat mengalami cedera tulang pipi. Mantan bek tengah timnas Spanyol itu sempat meminjamkan masker tersebut kepada Messi, yang tampil di level junior. Namun, karena merasa tidak nyaman, Messi memutuskan tidak mengenakan lagi masker tersebut setelah 15 menit merumput.

''Sejujurnya, masker itu memang tidak nyaman. Anda tidak bisa melihat dengan jelas. Namun, dari situ, Anda bisa tahu, bagaimana mentalitas dan karakter Messi, yang selalu ingin meraih kemenangan. Dia pun telah membuktikannya selama ini,'' ujar Puyol dalam cuplikan video di laman resmi Barcelona, Sabtu (7/8).

Berbeda dengan apa yang dialami Xavi. Interaksi secara mendalam pertama mantan gelandang Barcelona itu dengan Messi terjadi saat La Pulga masih dipromosikan ke tim utama Barca. Pada saat itu, Xavi dan Messi berbagi kamar kala Barcelona melakoni tur pramusim ke kawasan Asia Timur.  Kesan pertama yang dimiliki Xavi adalah Messi orang yang pemalu, memiliki rasa hormat, dan sedikit khawatir.

''Mungkin, karena dia berada satu kamar bersama pemain senior dan kapten tim. Bahkan, dia selalu meminta izin untuk melakukan apapun kepada saya, termasuk menyalakan televisi ataupun meminta pendapat soal permainannya di atas lapangan,'' kata Xavi.

Bersama Messi, Puyol telah mempersembahkan enam titel La Liga dan tiga trofi Liga Champions buat Barcelona. Sementara Xavi telah bahu-membahu dengan Messi dalam mempersembahkan tujuh titel La Liga dan empat trofi Liga Champons. Ketiganya pun menjadi bagian penting dalam skuad Barcelona saat mendominasi pentas sepak bola Eropa dan internasioal pada musim 2008/2009.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement