Sabtu 07 Aug 2021 09:39 WIB

Korps Marinir Gelar Vaksinasi Sasar 2.000 Warga Pulau Tidung

Pasukan khusus Denjaka dilibatkan dalam serbuan vaksinasi Covid di Kepulauan Seribu.

Pelaksanaan serbuan vaksinasi dan pembagian sembako yang digelar Korps Marinir di Pulau Tidung, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (6/8).
Foto: Dok Dispenal
Pelaksanaan serbuan vaksinasi dan pembagian sembako yang digelar Korps Marinir di Pulau Tidung, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (6/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korps Marinir (Kormar) TNI AL melaksanakan 'Serbuan Vaksinasi Maritim' dengan menyasar nelayan dan warga Pulau Tidung, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta pada Jumat (6/8). Kegiatan itu menyasar 2.000 warga yang disuntik vaksin Sinovac.

Pasukan khusus Detasemen Jalamangkara (Denjaka) dilibatkan dalam kegiatan vaksinasi. Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksdya Ahmadi Heri Purwono turut meninjau kegiatan itu.

Ahmadi menjelaskan, dipilihnya Pulau Tidung sebagai tempat vaksinasi sesuai program yang dicanangkan KSAL Laksamana Yudo Margono. Menurut dia, serbuan vaksinasi yang dilaksanakan TNI AL menargetkan masyarakat maritim diseluruh Indonesia.

Termasuk juga yang berada disekitar Kepulauan Seribu, yang merupakan tempat latihan TNI AL. "Kegiatan vaksinasi TNI AL tentunya menindaklanjuti perintah Bapak Presiden RI bahwa kita harus mempercepat herd immunity atau kekebalan kelompok bagi masyarakat Indonesia," ujar Ahmadi dalam siaran pers.

"Kalau kita semangat dan masyarakatnya antusias mengikuti program-program pemerintah untuk menuju Indonesia tangguh, Indonesia maju pasti dapat tercapai," ucap Ahmadi menambahkan.

Komandan Kormar Mayjen (Mar) Suhartono mengatakan, pihaknya memang terus memerintahkan jajaran Korps Baret Ungu untuk melakukan serbuan vaksinasi. Baik warga umum maupun masyarakat maritim terus menjadi sasaran, dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki oleh Kormar TNI AL.

"Selama melaksanakan kegiatan serbuan vaksinasi maritim sejak 6 Juni 2021, Korps Marinir tercatat telah memberikan vaksinasi Covid-19 sebanyak 43.884 orang untuk dosis satu dan 7.750 orang untuk dosis dua," kata Suhartono.

Komandan Denjaka Kolonel (Mar) Kresno Pratowo menyampaikan, vaksinator yang terlibat dalam kegiatan di Pulau Tidung, berjumlah 30 personel. Mereka terdiri  dari Satuan Satkes Kolinlamil, Satkes Lantamal lll, RS Marinir Cilandak dan Batalyon Kesehatan (Yonkes) 1 Marinir.

"Di samping TNI AL dibantu juga oleh Pemprov DKI Jakarta dan Pemkab Kepulauan Seribu," ujar ketua pelaksana kegiatan vaksinasi di Pulau Tidung ini. Selain kegiatan vaksinasi, kata Kresno, TNI AL juga  membagikan 1.000 paket sembako untuk membantu meringankan beban warga.

Asintel KSAL Laksda Angkasa Dipua, Aspotmar KSAL Mayjen (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Kadispenal Laksma Julius Widjojono, Kadiskesal Laksma dr Agus Guntoro, dan Bupati Kepulauan Seribu Junaedi, turut hadir dalam kegiatan itu.

Sementara itu, salah satu satuan pelaksana Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang bermarkas di Kota Surabaya, yaitu Satuan Lintas Laut Militer (Satlinmil) kian gencar melakukan serbuan vaksinasi dosis kedua. Vaksinasi menyasar semua lapisan masyarakat.

Panglima Kolinlamil, Laksda Arsyad Abdullah menjelaskan, percepatan vaksinasi dosis kedua ini sebagai bentuk totalitas untuk membantu pemerintah melawan Covid-19. Tujuannya mempercepat pencapaian target herd immunity masyarakat Indonesia.

"TNI Angkatan Laut gencar melaksanakan serbuan vaksinasi bagi semua lapisan masyarakat. Dan Tidak hanya masyarakat maritim namun untuk masyarakat yang belum terjangkau vaksin" kata Arsyad di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat.

 

Untuk serbuan vaksinasi kali ini, Satlinlamil 2 Surabaya membuka kesempatan kepada warga masyarakat yang siap untuk vaksin kedua kalinya. Satlinlamil 2 Surabaya menyiapkan 500 dosis vaksin Sinovac tahap dua, dan sebanyak 350 warga berhasil divaksin.

Arsyad menegaskan, gencarnya serbuan vaksinasi ke daerah merupakan tindak lanjut dari instruksi KSAL kepada seluruh jajaran TNI AL. "Yang diperbuat TNI AL ini mengedepankan totalitas dalam membantu pemerintah pusat dan daerah menangani percepatan penanganan Covid-19," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement